Advertorial kab-siak
Sabtu, 28 Juli 2018 - 23:43:08 WIB

Evaluasi Penilaian Mandiri Asesor APIP Maturitas SPIP Siak Menuju Level 3

Editor: Administrator | Dibaca: 130
Evaluasi Penilaian Mandiri Asesor APIP Maturitas SPIP Siak Menuju Level 3

PIRAMIDNEWS.COM - Pada tahun 2018 ini Kabupaten Siak kembali masuk dalam penilaian Mandiri Asessor APIP Maturitas SPIP pada tahap level 3, dimana sebelumnya sudah melalui tahapan level 1 dan 2.

Hal itu dikemukakan Inspektur Kabupaten Siak  Drs H Faly pada acara pertemuan dengan Pimpinan Kepala Daerah Kabupaten Siak dalam hal ini Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Didin Sadikin, beserta seluruh Pimpinan OPD serta para Camat se-Kabupaten Siak di Ruang Raja Indra Pahlawan, Kamis (26/7/2018).

Pertemuan ini guna mematangkan data penilaian yang dibutuhkan dari masing masing satker karena diakui Faly, bahwa masih terdapat kekurangan dalam pengumpulan nilai karena masih ada yang berwarna merah. Artinya nilai harus di atas 3,5 dan DPMP2TSP Kabupaten Siak berhasil mendapatkan nilai tertinggi, hendaknya hasil capaian tersebut dapat di ikuti oleh OPD lainya dengan mengkuti tahapan penilaian yang telah ada.

Tahun lalu diadakan pertemuan langsung bersama Presiden Joko Widodo di  BPKP Jakarta dan hanya 2 Kabupaten Kota di Riau yang masuk pada level 2 yakni Kabupaten Inhil dan kabupaten Siak. Kabupaten Siak mulai masuk penilaian level 3, dengan didasari pada: PP nomor 60 tahun 2008 tentang pengendalian intern pemerintah, kemudian PERBUP nomor 126 tahun 2017.

Lebih jauh dijelaskan, untuk penyelenggaraan sistem pengendalian Kabupaten Siak sudah menyusun Satgas SPIP meliputi 15 Satker. Sedangkan untuk penilaian itu sendiri ada unsur yang perlu dipenuhi yakni, lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta yang paling penting ialah pemantauan.

Inspektorat bersama Pemerintah Daerah dan BPKP juga telah melaksanakan beberapa upaya guna memantapkan pemahaman Counterpart dan Asessor dengan melakukan Bimtek untuk peningkatan Maturitas SPIP, melaksanakan Coaching, Monitoring dan pra penilaian oleh BPKP serta juga menyelenggarakan Workshop Mandiri.

Wakil Bupati Siak H Alfedri yang memimpin pertemuan mengemukakan, Maturitas SPIP ini sejalan dengan misi Kabupaten Siak untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan Good Goverment. Harapannya jika SPIP di suatu OPD nilainya baik maka diikuti pula dengan kinerja yang baik pula.

Kabupaten Siak sudah mendapatkan grade B dan Laporan Keuangan Siak telah 7 kali mendapatkan WTP (Wajar tanpa pengecualian), demikian pula Penilaian Ombudsman yang sudah menunjukkan lampu hijau. Sehingga capaian ini dapat terus memacu semangat aparatur daerah untuk mempertahankannya.

Wabup H Alfedri meminta agar tiap OPD dapat segera menyiapkan laporan penilaian yang dibutuhka dengan target waktu satu minggu ke depan sehingga Siak dapat melangkah ke level 3 dan seterusnya.

Ditemui di tempat yang sama,  Didin Sadikin sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau memberikan penjelasan, dengan pengetahuan dan pemahaman yang nantinya dimiliki setiap pengelola kegiatan tentang sistem dan pengelolaan keuangan maka tiap prosedur justru menjadi tahapan yang seharusnya akan memudahkan dalam laporan akuntabilitas dan integritas.

Oleh karena itu, SPIP adalah sistem pengendalian internal yang diselenggarakan menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai dengan PP nomor 60 tahun 2008.

Kepada Kepala OPD Didin Sadikin juga mengharapkan, dapat terlibat untuk memantau dan mengetahui sejauh mana perkembangan yang dikerjakan dan melakukan sistem pengawasan agar dapat mengendalikan dengan baik peluang untuk tidak terjadinya tindak korupsi. (sugianto)

Foto: Penandatangan Pakta Integritas, Kamis (26/7)



×