Advertorial kab-siak
Rabu, 31 Januari 2018 - 23:11:43 WIB

Di Gelar Panen Raya Tomat, Kelompok Tani Temusai Siak Harapkan Bantuan Alat Pertanian

Editor: Administrator | Dibaca: 43
Di Gelar Panen Raya Tomat, Kelompok Tani Temusai Siak Harapkan Bantuan Alat Pertanian

PIRAMIDNEWS.COM - Dalam rangka memotivasi dan meningkatkan hasil pertanian di Kampung Temusai, Kecamatan Bungaraya, Bupati Siak H Syamsuar dan Danrem 031/Wirabima Brigjen Edy Nasution di dampingi Wakil Bupati Siak H Alfedri, Dandim 0303 Bengaklis Letkol (Inf) Rizal Faizal Helmi, Wakapolres Siak, Kepala Pengadilan Negeri Siak Abdul Kodir, Kejari Siak, Kepala Dinas, Kapolsek, Bunga Raya Camat, Camat Sungai Apit,  Penghulu Kampung, PPL, dan Kelompok Tani Temusai melakukan kegiatan Panen Raya Tomat di RT 01 RW 05 Dusun Teluk Mussahab, Kampung Temusai, Senin (28/1/2018).

Dalam kegiatan panen raya tersebut, Danrem Edy Nasution bersama Bupati Siak H Syamsuar langsung memetik buah tomat dan langsung memakannya di hadapan para petani. Kepada para petani, bupati berujar kalau buah tomatnya terasa manis. Setelah melakukan pemetikan buah tomat, bupati dan rombongan menuju Pos Panitia dan mendengarkan keluh kesah kelompok tani Kampung Temusai.

Marzuki (42), pemilik kebun tomat dan cabai yang juga sebagai Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Temusai yang di wakili Ketua Ketua Badan Pengawasan Kampung (Bapekam) Temusai Suratman menyampaikan keluhan dan harapan kelompok tani kepada Bupati Siak. Kelompok tani yang ada di Dusun Teluk Mussahab, Kampung Temusai selama ini dalam mengelola lahan secara manual (mencangkul) dan belum ada bantuan alat pertanian dari pemerintah.

"Kelompok tani di Kampung Temusai selama ini dalam mengelola lahan hanya menggunakan cangkul karena tidak mempunyai alat berat untuk mengelolanya. Untuk itu kami berharap kepada bapak Bupati Siak H Syamsuar untuk dapat membantu alat-alat pertanian seperti jonder, multibator, traktor, pompa air (Robin) dan juga bibit ikan karena selain kebun,  kelompok tani juga memiliki kolam ikan yang belum ada isinya," harap Suratman.

Hal senada disampaikan Penghulu Kampung Langsat Permai Pujianto, ia mengharapakan kepada Bupati Siak agar dapat membantu masyarakatnya untuk penumbangan kebun kelapa sawit yang dijadikan sawah.

"Dalam rangka untuk meningkatkan hasil tanaman padi di kampung kami, maka kami berharap kepada Pak Bupati Siak agar dapat membantu petani menebang kebun sawit untuk dijadikan persawahan, karena biaya penebangan sawit sangat mahal sehingga petani butuh bantuan itu,"ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Siak H Syamsuar merasa kaget dengan keluhan dan harapan petani yang disampaikan kepadanya karena menurutnya bantua mesin traktor sudah disalurkan ke kecamatan-kecamatan untuk diberikan kepada kelompok tani.

"Apa yang sudah disampaikan oleh kelompok tani ini sebenarnya sudah tanggung jawab kami bersama pak wakil untuk membantu petani, dan bahkan kami sudah memberi bantuan berupa traktor ke kecamatan-kecamatan untuk dibagikan kepada kelompok tani. Dan semua itu camat yang mengatur, jangan kelompok-kelompok tertentu saja yang dapat bantuan. Kebetulan Kepala Dinas Pertanian tidak datang hari ini karena orang tuanya meninggal, kalau sempat datang saya jewer," ungkap Syamsuar.

Bupati Siak Syamsuar juga menyampaikan kepada kelompok agar membuat proposal dan disampaikan kepada penghulu dan penghulu mengusulkan kekecamatan dan kecamatan ke dinas terkait.

"Silahkan kebutuhan petani dicatat dan catatannya tadi saya minta untuk saya tindak lanjuti. Saya akan panggil dinas terkait membahas masalah ini. Saya berharap, semangat petani bukan pas hari ini saja, namun semangatnya terus berlanjut, apa lagi tanaman tomat, cabe kita juga sangat bagus dan pedasnya tidak kalah dengan cabe dari Sumbar. Untuk itu mari kita tingkatkan terus hasil tanaman tomat dan cabe di daerah kita," ujarnya dengan penuh semangat.

"Kami sekarang sudah mempersiapkan pelatihan ke Jakarta  untuk petani yang tidak bisa atau mampu mengelola lahannya dengan baik untuk belajar, sehingga para petani yang sudah terlatih nantinya dapat mengelola lahannya dengan baik dan tentunya petani akan lebih aktif dan profuktif sehingga kehidupan petani akan makmur dan sejahtera," imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, terkait penumbangan lahan sawit kepada Penghulu Langsat Permai agar dapat mendata siapa- siapa saja petani yang ingin ditumbang kelapa sawitnya.

"Saya minta datanya, siapa saja petani yang ingin sawitnya ditumbang untuk dijadikan persawahan. Untuk itu, silahkan didata dan silahkan buat proposal ke Pemda Siak," pungkasnya. (sugianto)

Foto: Bupati Siak memperlihatkan hasil petikan saat panen raya buah tomat di RT 01 RW 05 Dusun Teluk Mussahab, Kampung Temusai, Senin (28/1/2018).


×