Advertorial kab-rohul
Selasa, 21 Maret 2017 - 10:47:02 WIB

X-Pert Adventure Riau-Sumbar, Jelajah dan Napak Tilas Perjuangan Tuanku Tambusai-Imam Bonjol

Editor: Administrator | Dibaca: 379
X-Pert Adventure Riau-Sumbar, Jelajah dan Napak Tilas Perjuangan Tuanku Tambusai-Imam Bonjol

PIRAMIDNEWS.COM - Olahraga ekstrim dengan menunggang kuda besi X-Pert Adventure Riau-Sumbar 2017 digelar, Sabtu 25 hingga Minggu 26 Maret 2017 mendatang, nantinya akan menjelajah rimba sekaligus menapak tilas perjuangan Pahlawan Nasional asal Tambusai Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau Tuanku Tambusai serta Imam Bonjol asal Sumatera Barat (Sumbar).

Ketua Pelaksana kegiatan X-Part Adventure Riau-Sumbar 2017 yang juga pendiri Rokan Hulu Trail Adventure Commonity (ROTAC) Syaf Alta, Senin (20/3/17) mengatakan, mereka sudah membuka jalan atau jalur trail adventure melintasi kawasan Bukit Simalombu Rohul hingga ke Jorong Rumbai, Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul, Kabupaten Pasaman, Sumbar.

Kata Syaf Alta lagi, pihaknya sudah mengundang para raider, baik dari dalam dan luar negeri, untuk berexpedisi terkait napak tilas dan menaklukkan Bukit Simalombu dengan mengendari kuda besi atau motor trail.

Mengapa X-Pert Adventure Riau-Sumbar 2017 melintasi Bukit Simalombu yang merupakan salah satu bukit tertinggi di hamparan Bukit Barisan yang terbentang, sepanjang Pulau Sumatera, dan terletak terbelah jadi dua, sebagian berada di Rohul, Provinsi Riau sebagian lagi Kabupaten Pasaman.

"Ini dikarenakan, di zaman penjajahan Belanda, bukit itu tempat persembunyian pahlawan nasional asal Riau, Tuanku Tambusai dan asal Sumbar, Imam Bonjol. Sehingga, kegiatan ini juga merupakan napak tilas sejarah perjuangan,” ungkap Syaf Alta.

Kata Syaf Alta lagi, Bukit Simalombu memiliki ketinggian lebih kurang 1500 MDPL dan bukit itu nantinya jadi rute yang menantang dan ekstrim dengan dikelilingi hutan yang masih perawan. Itu nantinya, menambah tantangan para raider di X-Pert Adventure Riau-Sumbar 2017 dalam menaklukkan si kuda besi.

Dengan diprakarsai ROTAC  kegiatan X-Pert Adventure Riau-Sumbar 2017, nantinya dua etape. Dimana ada sekitar 100 raider tangguh, baik dari luar dan dalam negeri yang ikut, seperti raider Benny Sriwijaya, Erick Anyink, Wak Aji, Lasak JMS dan Roslan Lukut dari Malaysia.

"Pada Jumat (24/3/17) nanti, seluruh peserta raider sudah berada di Pasir Pangaraian dan menginap di Hotel Sapadia Rohul yang disiapkan panita pelaksana kegiatan,” ucap Syaf lagi.

Di etape I, nantinya seluruh raider akan dilepas Bupati Rohul start dari depan Hotel Sapadia, Rohul di Pasir Pangaraian, menempuh rute 45 Km hingga ke Bukit Simalombu dan finish di Jorong Rumbai Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul, Kabupaten Pasaman, Sumbar.

Kemudian, nantinya seluruh peserta akan menginap di Rumbai dan berbaur dengan seluruh masyarakat.

Lalu di etape II, pada Minggu (26/3/17) start dari Jorong Rumbai Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul, Kabupaten Pasaman, Sumbar dan finish di Pasir Pangaraian dengan menempuh jalur atau rute dari Kecamatan Rokan IV Koto sepanjang 110 Km.

Event akbar yang diselenggarakan ROTAC ini bekerjasama dengan Eduro Total Indonesia didukung Jambi MX Store. Berharap, ke depannya event tersebut bisa jadi event tahunan yang dapat mengundang masyarakat luar dan dalam negeri, untuk mengenal tentang Kabupatan Rohul, sehingga bisa mempromosikan Rohul di mata dunia.

Event ini nantinya akan disaksikan banyak masyarakat dan warga tempatan bisa membuka usaha makanan dan minuman sehingga mereka dapat menambah ekonomi keluarga.

"Makanya  event yang kita gelar selama dua hari ini kita harapkan dapat dukungan dari Pemkab Rohul serta instansi terkait dan masyarakat Rohul sehingga event dapat sukses seperti yang kita harapkan," pungkas Syaf Alta. (mad)

Foto: Pendiri ROTAC, Syaf Alta

×