Advertorial kab-rohul
Senin, 27 Maret 2017 - 19:37:31 WIB

X-PERT Adventure Riau-Sumbar, 80 Rider Indonesia-Malaysia Taklukkan Bukit Simalombu Rohul

Editor: Administrator | Dibaca: 430
X-PERT Adventure Riau-Sumbar, 80 Rider Indonesia-Malaysia Taklukkan Bukit Simalombu Rohul

PIRAMIDNEWS.COM - Sebanyak 80 rider, terdiri 76 rider Indonesia dan 4 rider Malaysia ikut meramaikan ekspedisi X-PERT Adventure 2017 Riau-Sumatera Barat (Sumbar) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), selama dua hari mulai 25 Maret hingga 26 Maret 2017 kemarin.

"Peserta siap menaklukkan jalur baru yang ekstrim sepanjang 155 kilometer (km) di Kabupaten Rohul Provinsi Riau, dan Kabupaten Pasaman, Sumbar, melintasi kawasan Bukit Simalombu dan kaki Bukit Barisan.

Para rider dilepas Bupati Rohul nonaktif H Suparman, start dari Sapadia Hotel Pasir Pengaraian, Sabtu (25/3/17). Sebelumnya, Suparman mengatakan kegiatan ini positif, sehingga akan dibuat event serupa yang tentunya lebih besar dan lebih meriah lagi.

"Kegiatan adventure ini sebagai ajang silaturahmi sesama rider, kegiatan ini  juga punya keuntungan sendiri bagi Kabupaten Rohul, selain mengenalkan keindahan alam, juga mempromosikan obyek wisata di Kabupaten Rohul, Riau," ujar Suparman.

Suparman juga mengajak seluruh rider Rohul yang ikut dalam adventure turut terlibat dan memberikan kontribusi positif untuk pembangunan Kabupaten Rohul ke depan.

Sementara itu, Ketua Panitia X-PERT Adventure Riau-Sumbar 2017, H Syafriadi Alta menjelaskan, event adventure ekspedisi ini diikuti 76 rider Indonesia, dan 4 rider dari Malaysia.

Event X-PERT Adventure Riau-Sumbar, diakui Syafriadi, bukan ajang kompetisi, namun hanya sebagai ajang ekspedisi dan silaturahmi antar rider Indonesia dan negara tetangga. “Jadi tidak pakai hadiah,” katanya.

Pria yang akrab disapa Syaf Alta yang juga Ketua Rokan Hulu Trail Adventure Community (ROTAC) ini mengakui Pemkab Rohul sendiri mendukung penuh olahraga motor trail tersebut untuk selanjutnya.

Menurutnya, kegiatan ini tak sekedar menyalurkan hobi para rider motor trail, namun juga untuk memperkenalkan jalur baru yang sudah dibuat panitia yang menyajikan keindahan alam di Kabupaten Rohul.

Syaf Alta mengatakan, ada dua etape pada X-PERT Adventure Riau-Sumbar tahun ini. Etape pertama, pada Sabtu (25/3), para rider melibas rute sekitar 45 km. Mereka akan melintasi Desa Rambah Tengah Barat dan Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah ke Bukit Simalombu dan finish di Jorong Rumbai Nagari, Muara Tais, Kabupaten Pasaman, Sumbar.

"Mereka akan menginap semalam di Jorong Rumbai Nagari, Muara Tais dan berbaur dengan masyarakat sekitar hingga keesokan harinya," jelasnya.

Etape kedua, Minggu (26/3) pagi, puluhan rider mulai bergerak lagi, dan akan melibas jalur sekira 110 km dari Jorong Rumbai Nagari. Rider juga melibas jalur ekstrim di kawasan Kecamatan Rokan IV Koto dan kembali ke tempat semula di Sapadia Hotel Pasir Pengaraian.

Syaf Alta mengakui X-PERT Adventure Riau-Sumbar bukan sekedar ajang silaturahmi para rider saja, namun sebagai ekspedisi napak tilas perjuangan pahlawan nasional Tuanku Tambusai asal Rohul, dan pahlawan nasional asal Sumbar Tuanku Imam Bonjol.

"Deretan Bukit Simalombu menjadi salah satu saksi sejarah perjuangan pahlawan nasional Tuanku Tambusai bergerilya melawan penjajah. Dari itulah panitia sengaja membuat jalur baru di bukit ini dan sampai ke Pasaman, Sumbar," pungkas Alta. (mad)
    
Foto: Bupati nonaktif H Suparman didampingi Ketua ROTAC Syaf Alta saat melepas peserta X-PERT Adventure Riau-Sumbar 2017.




×