Advertorial kab-rohul
Senin, 17 April 2017 - 10:02:10 WIB

Setelah 19 Tahun Tak Pulang, Brigjen Pol Anjan Pulang Kampung ke Kaiti Rohul

Editor: Administrator | Dibaca: 2172
Setelah 19 Tahun Tak Pulang, Brigjen Pol Anjan Pulang Kampung ke Kaiti Rohul

PIRAMIDNEWS.COM - Masyarakat Desa Rambah Tengah Barat (Kaiti), Rokan Hulu (Rohul), Riau serta para sanak saudara,  merasa gembira menyambut  kedatangan pulang kampung putra Rohul, Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Drs Anjan Pramuka Putra SH MHum dengan penuh suka cita, Kamis (13/4/17) lalu.

Jenderal bintang satu yang sukses di perantauan itu kini bertugas di Direktorat Prosekusor dan Psikotropika Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat ini disambut dan dijamu di rumah pamannya, almarhum Abdul Murad Nasution, Kaiti III di Dusun Ampera RW 08 RT 01.

Turut ikut menyambut kedatangan sang Brigjen Anjan Pramuka Putra tersebut seperti mantan Ketua DPRD Kabupaten Rohul Hasanuddin Nasution, Saiful Said Nasution,  Hardizon, Safriadi Alta, H Parlindungan, KH H Byasir, Jamaluddin Nasution (mantan Kades), tokoh masyarakat Rohul dan ratusan masyarakat Kaiti serta keluarga besar.

Dari keterangan yang dihimpun dari warga Kaiti, semasa kecilnya Brigjen Pol Anjan pernah tinggal bersama ibunya di rumah neneknya di Kaiti II dan pamannya almarhum Abdul Murad Nasution di Kaiti III  yang dikenal dengan nama Pasar Ampera, Desa Rambah Tengah Barat, Kecamatan Rambah, Rohul.

Terakhir, Brigjen Anjan pulang kampung bersama ibunya pada tahun 1977 silam. Dan setelah itu, dirinya tidak pernah lagi pulang kampung halamannya tersebut. Selain dijamu di rumah pamannya, Brigjen Pol Anjan bersama istri juga menyempatkan berziarah ke makam neneknya dan sanak saudaranya yang sudah meninggal dunia di Kampung Lama (Huta Lolot) yang dulu jejak terakhir Boru Namora Suri Andung Jati, Desa Rambah Tengah Barat. Kemudian Brigjen Anjan melanjutkan lagi ziarah ke makam kakak ibunya yang tidak jauh dari pemakaman Kampung Lama.

Karena sudah lama tak pulang kampung, kepulangan Brigjen Anjan  dilanjutkan dengan makan bersama lagi di kediaman Keluarga Besar Almarhum H Abdul Munir, di rumah Safriadi di Desa Sialang Jaya dan ramah-tamah dengan sanak saudara dan ber foto-foto bersama dengan kerabat dekatnya.

Brigjen Pol Anjan Pramuka Putra mengakui dirinya sudah sekitar 19 tahun tidak pulang kampung (Kaiti Rohul) karena tugasnya sebagai polisi. Karena itu, kali ini Brigjen Anjan menyempatkan diri datang ke kampung halaman.

"Kedatangan saya ini juga  sekaligus bersilaturahmi dengan sanak saudara yang sudah lama tidak pernah bertemu. Sudah 19 tahun saya tidak pernah ke sini lagi. Pada kesempatan inilah sekaligus pulang kampung dan ziarah ke makam leluhur," ujar Brigjen Anjan kepada awak media, usai ziarah di Makam Kampung Lama.

Tambah Brigjen Anjan, alumni AKPOl tahun 1986 ini mengakui ia dan istri sangat terharu karena disambut seperti layaknya pejabat penting oleh warga dan keluarga besarnya di Kaiti III Desa Rambah Tengah Barat.

Selain itu, Brigjen Pol Anjan mengaku bangga dengan pesatnya pembangunan di Kabupaten Rohul. Menurutnya, Rohul yang dulunya hutan belantara, kini telah berubah menjadi daerah yang maju dan pesat. Apalagi sekarang Pasir Pengaraian disebut dengan julukan Negeri Seribu Suluk.

"Kami berharap untuk Rokan Hulu supaya lebih maju lagi. Saya juga sudah berbangga, sebab dulu masih daerah hutan, tapi sekarang kemajuannya sudah sangat pesat. Namun kami ke depannya lebih maju lagi," harapnya.

Ditanya soal prestasinya selama di Polri, pria yang pernah bertugas di Sumatera Utara ini mengakui prestasi tersebut tidak didapatnya sendiri, namun prestasi jajaran tempat tugasnya.

"Kami tulus saja dalam bertugas. Dengan niat dan tulus kami bekerja, dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Prestasi-prestasi ini kami buat bukan produk kami sendiri, tapi bersama anggota jajaran," terangnya.

Disinggung soal maraknya peredaran narkoba di Provinsi Riau, pejabat BNN Pusat  ini mengakui kalau peredaran narkoba hampir terjadi di seluruh Indonesia.

Sebagai putra Riau, Brigjen Anjan Pramuka Putra berharap masyarakat di Provinsi Riau bersatu padu dan bersinergi dalam mencegah agar narkoba tidak sampai masuk  ke kampung-kampung, termasuk kampungnya di Kaiti III Desa Rambah Tengah Barat.

"Semuanya harus berperan serta, jangan diberikan ke aparat saja, masyarakat sendiri harus bisa mengantisipasi jangan sampai narkoba masuk ke wilayahnya,"  demikian pesan Brigjen Anjan Pramuka Putra. (mad)

Foto: Saat Brigjen Pol Anjan Pramuka Putra (tengah) dan istri didampingi Ustadz H Basyir (kiri) melakukan ziarah kubur di makam sanak saudaranya di Kampung Lama, Kaiti III, Desa Rambah Tengah Barat.



×