Advertorial kab-rohul
Selasa, 19 Desember 2017 - 23:09:24 WIB

Rohul Dapatkan Dana Transfer ke Daerah Rp1,23 Triliun Untuk Tahun 2018

Editor: Administrator | Dibaca: 186
Rohul Dapatkan Dana Transfer ke Daerah Rp1,23 Triliun Untuk Tahun 2018

PIRAMIDNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) pada tahun 2018 mendatang, mendapat alokasi dana bersumber dari APBN melalui dana transfer ke daerah serta Dana Desa (DD) 2018 sebesar Rp 1,234.971.833.000

Dana transfer daerah APBN tahun 2018, secara simbolis sudah diberikan dengan ditandai dengan Penandatanganan acara penyerahan daftar alokasi dana transfer ke daerah dan DD 2018 ke Kabupaten Rohul dari Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman kepada Wakil Bupati Rohul H Sukiman, Senin (18/12) di Gedung Daerah Pekanbaru.

Alokasi dana APBN melalui dana transfer ke daerah dan DD tersebut, berasal dana bagi hasil pusat untuk daerah, Dana Alokasi Umum (DAU), serta Dana Alokasi Khusus (DAK) juga DD 2018.

Diakui Wabup Rohul H Sukiman, Selasa (18/12/17), dari penerimaan dana APBN tersebut, secara item ada  yang berkurang dan ada yang meningkat. Dana transfer pusat ke daerah Rp 1,23 triliun tergolong dalam kelompok dana perimbangan, terdiri dari dana bagi hasil pusat, DD serta sumber dana lainnya.

Biasanya per triwulannya disalurkan Pusat, kecuali DAU. DAU ditransfer setiap bulan dengan nilai seperdua belas dari alokasi yang telah ditetapkan, untuk gaji, tunjangan dan operasional serta kegiatan pemerintah daerah yang lainnya.

“Kemudian, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (Dipa) yang sudah ditetapkan pusat, sudah dituangkan ke dalam APBD tahun 2018. RAPBD 2018 secara Ranperda sudah disepakti antara DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), kini APBD Rohul 2018 sedang tahap evaluasi Provinsi Riau,” jelas Wabup.

Diakui Wabup Sukiman, pemerintah daerah komitmen mentaati aturan yang ada dalam penyusunan dan penyampaian RAPBD Rohul hingga mendapatkan persetujuan dari DPRD. Lalu, di sisi aturan, sudah menyelesaikan penyusunan RAPBD mulai dari KUA dan PPAS hingga RAPBD 2018 dengan tahapan tahapannya hingga disepakati tepat pada waktunya. Sehingga terhindar dari sanksi yang telah diatur dalam Permendagri.

Saat ini ungkap Wabup, Pemkab Rohul melakukan persiapan melakukan kegiatan tahun 2018. Dirinya sudah menginstruksikan kepada seluruh Kepala OPD,  di awal Januari 2018 APBD Rohul sudah bisa dijalankan. Artinya, masing-masing OPD sudah dapat melakukan persiapan administrasi.

Sehingga dihimbau, seluruh OPD di lingkungan Pemkab Rohul, agar segera menyusun anggaran kas dan mengajukan pejabat penatausahaan keuangan serta membuat skedule kerja.

“Kita minta, seluruh OPD agar dapat mengatur skedul kerja sesuai dengan alokasi anggaran kas yang disusun, mengacu kepada rencana penerimaan baik yang bersumber dari dana transfer APBN, maupun dana bagi hasil provinsi dan rencana penerimaan yang bersumber dari PAD Rohul,“ jelasnya. (Adv/Humas/Mad)


Foto: Gubri H Aryadjuliandi Rachman menyerahkan DIPA 2018 Rohul kepada Wabup H Sukiman.

×