Advertorial kab-rohul
Kamis, 28 September 2017 - 06:44:28 WIB

Peroleh Gelar Adat, Bupati Rohul Suparman Ditabalkan Sebagai Datuk Seri Setia Amanah Sutan Botuah

Editor: Administrator | Dibaca: 95
Peroleh Gelar Adat, Bupati Rohul Suparman Ditabalkan Sebagai Datuk Seri Setia Amanah Sutan Botuah

PIRAMIDNEWS.COM - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Suparman SSos MSi ditabalkan bergelar Datuk Seri Setia Amanah Sutan Botuah,‎ di Balai Lembaga Adat Melayu (LAM) Rohul, Rabu (27/9/17).

Penabalan Adat Bupati Rohul dilaksanakan usai pengukuhan pengurus Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan pengurus DPH LAM Rohul masa khidmat khidmat 1438-1443 H/2017-2022‎.

Kemudian, pasca dikukuhkan, Ketua Umum MKA LAM Rohul Tengku Rafli Armien SSos‎ bergelar‎ Datuk Majolelo‎, Ketua Umum DPH LAM Rohul H Zulyadaini bergelar Datuk Saudagar Rajo dan rombongan menjemput Bupati Rohul Suparman di rumah dinasnya.

Dari kediaman rumah dinas, Bupati Rohul Suparman diarak dengan berjalan kaki ke lokasi acara penabalan di Balai LAM Rohul. Sebelum memasuki ruangan acara, rombongan lebih dulu disambut acara kesenian pencak silat.

Penabalan juga dihadiri Ketua Umum MKA LAM Riau Datuk Seri Al Azhar, Ketua Umum DPH LAM Riau Datuk Syahril Abubakar, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Forkompinda Rohul, Ketua HKR Riau‎, pengurus LAM Rohul dan ribuan masyarakat Rohul.

Bupati Rohul Suparman ditabalkan dengan gelar Datuk Seri Setia Amanah Sutan Botuah melalui prosesi adat yakni pemasangan selempang Melayu dan tanjak dilakukan Ketua Umum MKA LAM Rohul T Rafli‎ Armien dan Ketua Umum DPH LAM Rohul H Zulyadaini.

Kemudian Ketua Umum MKA LAM Riau Datuk Seri Al Azhar dan Ketua Umum DPH LAM Riau Datuk Syahril Abubakar diberi mandat memasangkan keris di pinggang Bupati Rohul itu.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum MKA LAM Riau Datuk Seri Al Azhar berharapkan, gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Sutan Botuah‎ yang diberikan kepada Bupati Rohul Suparman‎ benar-benar dijaga.

Selain itu, Datuk Seri Al Azhar berharap sesuai gelar yang diberikan, Bupati Suparman bisa menjaga amanah masyarakat dalam melanjutkan pembangunan Kabupaten‎ Rohul agar lebih baik ke depan.

Melalui penabalan Bupati Rohul diakhiri dengan makan bersama undangan, dihadiri pengurus LAM Riau, pengurus LAM dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau, tokoh adat di Rohul, pengurus LAM Rohul dan undangan di Balai LAM Rohul.

‎Usai kegiatan tersebut, Bupati Rohul Suparman mengucapkan terima kasih kepada LAM Rohul dan LAM Riau yang sudah memberinya gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Sutan Botuah. Dirinya bisa menjadi Bupati Rohul karena amanah masyarakat untuk melanjutkan proses pemerintahan‎ daerah lima tahun ke depan.

“Gelar ini merupakan sebuah doa, Setia Amanah Insya Allah doa ini motivasi bagi saya dalam melaksanakan proses pemerintahan yang diberikan oleh masyarakat untuk membawa Rohul ke arah yang lebih baik. Tentunya doa ini akan saya ingat selalu menjadi pedoman bagi saya untuk setiap melangkah," tambah mantan Ketua DPRD Provinsi Riau.

Meski Bupati Rohul Suparman ditabalkan adat dengan gelar Datuk Seri Setia Amanah Sutan Botuah‎, namun tidak demikian ke Wakil Bupati Rohul H Sukiman.

Terhadap hal ini, Ketua Umum DPH LAM Rohul H Zulyadaini mengatakan, bahwa Wabup Sukiman tidak ditabalkan karena sudah pernah ditabalkan saat  menjabat Wakil Bupati Rohul periode 2006-2011 dengan Bupati H Drs Achmad MSi.

“Wabup Sukiman sudah pernah ditabalkan saat menjabat Wakil Bupati Rohul bersama Pak Achmad. Tidak bisa ditabalkan kedua kali," jelas Zulyadaini dan mengakui tidak ingat gelar yang pernah diberikan ke Wabup Rohul Sukiman. (adv/humas/mad)


Foto: Bupati Rohul H Suparman dan petinggi adat Melayu Rohul dan Riau berfoto bersama usai penabalan Suparman bergelar adat Datuk Seri Setia Amanah Sutan Botuah di Balai LAM Rohul, Rabu (27/9).


×