Advertorial kab-rohil
Jumat, 22 Desember 2017 - 23:44:22 WIB

Prihatin Pajak Sarang Walet Nol Terus, Bupati Rohil Berencana Bentuk Tim Yustisi

Editor: Administrator | Dibaca: 139
Prihatin Pajak Sarang Walet Nol Terus, Bupati Rohil Berencana Bentuk Tim Yustisi

PIRAMIDNEWS.COM - Bupati Rokan Hilir (Rohil) meminta dinas teknis untuk membuat program peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Peraturan daerah (Perda) yang ada harus dimanfaatkan dengan maksimal, Perda pajak sarang burung walet ada tapi belum dijalankan.

Demikian dikatakan Bupati Rohil, H Suyatno usai acara silaturahmi Kodim 0321 yang baru di Mess Pemda Jalan Perwira Bagansiapiapi, Rohil, Rabu (20/12/17).

"Persoalan PAD yang selalu menghantui tugas-tugas kita, makanya gak usah berangan jauh-jauh karena yang di depan mata saja pajak sarang burung walet, perdanya sudah ada tinggal gebrakannya kita seperti apa," kata Suyatno.

Lanjutnya, artinya kita sudah ada dinas-dinas teknis, coba dibuat program agar PAD sarang burung walet itu masuk. Ini dari tahun ke tahun nol semua, apa artinya perda yang sudah disahkan itu kalau tidak dimanfaatkan," tegasnya.

Bupati sangat mengharapkan dinas teknis terkait benar-benar menjalankan tugasnya, jika ada permasalahan di lapangan dalam menegakkan perda segera laporkan. Untuk itu,  Bupati menyatakan berencana membentuk Tim Yusitisi yang melibatkan pihak Kepolisian, Kodim serta Kejaksaan.

"Dinas teknis terkait harus benar-benar menjalankan fungsinya, jika ada masalah segera laporkan. Perlu juga sosialisasi ke dinas teknis terhadap masyarakat yang punya penghasilan sarang burung walet," ungkapnya.

Suyatno juga mengharapkan agar tahun 2018, pajak sarang burung walet harus masuk PAD karena sebagian besar Kecamatan, masyarakatnya memiliki usaha sarang burung walet. Untuk menerobos PAD dari sarang burung walet perlu koordinasi dengan tim Yusitisi.

"Saya sangat berharap betul di Tahun 2018 pajak sarang walet itu harus masuk, bayangkan aja berapa banyak sarang burung walet di Bagan ini, sekarang harga pasarnya naik, belum di Sinaboi, Pulau Halang, Bagan Sinembah, Panipahan dan lainnya. Jadi saya tak yakin kalau tidak dapat," kata Bupati heran. (zai)

Foto: Bupati Rohil H Suyatno

×