Advertorial kab-rohil
Senin, 11 Desember 2017 - 21:44:18 WIB

Pemkab Rohil Terima Penghargaan Peduli HAM dari Presiden

Editor: Administrator | Dibaca: 132
Pemkab Rohil Terima Penghargaan Peduli HAM dari Presiden

PIRAMIDNEWS.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, menerima penghargaan Daerah Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Presiden RI Joko Widodo, pada Peringatan Hari HAM ke-69 di Hotel The Sunan, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (10/12/17).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin mewakili Pemkab Rohil yang diserahkan secara resmi oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Kegiatan berimplementasi agar menjunjung tinggi HAM, menghargai hak kekayaan intelektual untuk Indonesia yang lebih baik serta kerjasama peduli untuk Indonesia hebat,” ujar Kabag Humas dan Protokol Setdakab Rohil Hermanto SSos melalui Kasubag
Humas Hasnul Yamin SE dalam rilis yang diterima, Minggu (10/12/17) malam.

Pemerintah, terangnya, wajib dan bertanggung jawab dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan kemajuan HAM sesuai UUD 1945 dan kembali ditegaskan dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No 24 tahun 2017, tentang penerapan materi muatan HAM dalam pembentukan peraturan dan perundangan.

Untuk proses penilaian, kata dia menggunakan sistem aplikasi dan banyak kriteria penilaian untuk sebuah kabupaten, serta dilakukan satu tahun sebelum penghargaan diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM bekerjasama dengan Tim Independen.

“Ada beberapa aspek Hak yang menjadi penilaian, diantaranya Hak atas kesehatan, Hak atas Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas Pekerjaan, Hak atas Perumahan dan Hak atas Lingkungan yang Berkelanjutan,” jelas Hasnul. Turut hadir para Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota se-Indonesia) yang mendapat penghargaan tersebut. (Hms/zai)
    
Foto: Wabup Rohil H Jamiludin foto bersama dengan Kasubag Humas Hasnul Yamin berfoto usai menerima penghargaan Peduli HAM.



×