Advertorial kab-rohil
Senin, 02 Oktober 2017 - 11:04:16 WIB

Kasus HIV/AIDS dan Narkoba Tinggi, Legislator Rohil: Perlu Langkah Kongkrit!

Editor: Administrator | Dibaca: 24
Kasus HIV/AIDS dan Narkoba Tinggi, Legislator Rohil: Perlu Langkah Kongkrit!

PIRAMIDNEWS.COM - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) peringkat ke-4 kasus HIV/AIDS, dan rangking pertama kasus narkoba dari 12 Kabupaten/Kota se-Riau.  

Demikian dikatakan Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Rokan Hilir (Rohil) melalui Ketua Pengelola Program KPA Rohil, Isliyanto MPd pada acara sosialisasi di Kepenghuluan Bagan Punak, Meranti Kecamatan Bangko, Minggu lalu.

"Kita merasa prihatin dengan kasus ini, namun demikian Rohil tetap komit untuk mengatasi permasalahan HIV/AIDS meskipun kondisi keuangan daerah dalam keadaan minim. Kita tetap memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat supaya berkehidupan yang sehat," katanya.

Isliyanto berharap ke depan upaya dari para sukarelawan, khususnya para petugas pendamping kesehatan untuk lebih intens melakukan pemantauan. "Sebab petugas tahu keberadaan ODHA, mereka bisa melakukan pemantauan untuk menjaga kualitas hidup ODHA," katanya.

Sementara itu anggota DPRD Rokan Hilir Dra Suryati yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, kasus HIV/AIDS di Rohil ini sudah sangat menakutkan bagi orang tua, sebab generasi muda kita selalu diintai oleh kasus ini, termasuk narkoba.

"Kita akan melibatkan instansi terkait diundang dalam kegiatan hearing terkait masalah kasus ini, perlu diambil suatu langkah yang kongkrit agar kasus ini dapat ditekan hingga menjadi tidak ada," katanya.

Sementara itu Dinas Kesehatan Bangko dalam hal ini Dr Dona Fitrisari pengendalian HIV/AIDS tidak hanya menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan semata, melainkan semua sektor terkait. Jadi dalam hal ini semua instansi terkait harus dilibatkan dalam penanganannya seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, TNI, Kementerian Agama.  

"Semuanya itu terkait, dengan adanya pertemuan ini agar bersama-sama mengambil langkah-langkah ke depan bagaimana persoalan ini menjadi tanggung jawab bersama," imbuhnya.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di depan Kantor Kepenghuluan Bagan Punak Meranti turut dihadiri dari Kepolisian Polsek Bangko, Datin Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, RT, RW, BPKeb, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama. (Adv/Humas/Zai)


Foto: Anggota DPRD Rohil Hj Suryati (tengah berkacanata) foto bersama dengan para anak yatim dan perangkat kepenghuluan Bagan Punak usai sosialisasi HIV, Minggu lalu.

×