Advertorial kab-pelalawan
Sabtu, 15 Desember 2018 - 14:24:24 WIB

Sempat Dicap Daerah Kumuh, Pangkalan Kerinci Timur Kini Berjuang Raih Juara Nasional

Editor: Administrator | Dibaca: 377
Sempat Dicap Daerah Kumuh, Pangkalan Kerinci Timur Kini Berjuang Raih Juara Nasional

LURAH Pangkalan Kerinci Timur, Kabupaten Pelalawan, Edi Arifin SSos, mengaku bahwa ketika dirinya baru menjabat Lurah di Pangkalan Kerinci Timur pada Maret 2017 lalu sehingga saat dirinya baru menjabat itu mendapatkan informasi bahwa di daerah Pangkalan Kerinci Timur dicap sebagai daerah kumuh.

Kondisi  itu terjadi karena tingkat kebersihan di tengah lingkungan pemukiman masyarakat di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur sangat memprihatinkan karena pemukiman belum tertata dengan bagus.

Lurah Pangkalan Kerinci Timur Edi Arifin dalam pemaparannya di Kantor Camat Pangkalan Kerinci yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris, Ketua Pelaksana Harian TP PKK Pelalawan Ramlah Zardewan dan para Pengurus TP PKK Pelalawan, para pengurus TP PKK Pangkalan Kerinci, Sekretaris Lurah Pangkalan Kerinci Timur, Staf Badan Pemberdayaan Dan Perlindungan Perempuan Dan Anak Keluarga Berencana (BPPP2A KB) Pelalawan.

Selanjutnya, Sekretaris Dinas Perikanan Pelalawan H Tengku Nahar SP, Staf Dinas Pertanian Tanaman Pangan Pelalawan, Ketua RT dan para warga RT Lingkar Mas Pangkalan Kerinci Timur dan yang digelar diruang rapat Kantor Camat Pangkalan Kerinci tersebut,  sebelumnya juga disebabkan kawasan Pangkalan Kerinci Timur ini menjadi lokasi pembuangan sampah yang datang dari daerah Pangkalan Kerinci.

"Jadi penyebab Pangkalan Kerinci Timur dicap sebagai daerah kumuh sebelum kami menjabat sebagai Lurah selain karena tingkat kepedulian warga pada kebersihan lingkungannya masih rendah ditambah sebelum ini daerah kawasan Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur menjadi lokasi pembuangan sampah. Untuk mengatasinya, saya diawal menjabat bersama aparat kelurahan dengan para RT/RW selalu rutin turun memberikan pembinaan dan sosialisasi di tengah masyarakat terkait pentingnya untuk peduli akan kebersihan lingkungannya,” ujar Lurah Edi Arifin.
 
Dari hasil sosialisasi dan pembinaan yang dilakukan Lurah Edi Arifin dan staf terhadap masyarakat di setiap RT/RW, dari   kondisi pemikiran masyarakat yang kurang peduli menjadi peduli akan kebersihan lingkungan.

”Kami berhasil merubah karakter masyarakat yang kurang peduli menjadi peduli kebersihan pemukiman lingkungannya dengan
menggelar gotong royong bersama di setiap RT yang ada di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur secara rutin setiap minggu sekali. Selama setahun gotong royong lingkungan rutin dilakukan di setiap RT," terang Edi Arifin,mantan Lurah Pelalawan itu.

adp

Lurah Pangkalan Kerinci Timur Edi Arifin dan istri

Selain dibantu para aparat kelurahan bersama para RT/RW dalam membantu memberikan pembinaan dan sosialisasi tentang pentingnya kebersihan lingkungan pada masyarakat dilakukan sebelum ini kata Edi Arifin, para  pengurus Tim Penggerak PKK
Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur juga ikut turun  tangan membantu memberikan sosialisasi dan pembinaan pada masyarakat di setiap RT/RW dikelurahan Pangkalan Kerinci Timur melalui program HATINYA PKK yakni Program Halaman Asri, Tertib,Indah dan Nyaman.

Dengan program itu,para pengurus PKK Keluarah Pangkalan Kerinci Timur bekerjasama RT dilingkungan warga melakukan pembinaan terkait bagimana halaman pekarangan rumah menjadi halaman yang asri,tertib, indah dan nyaman dengan menanam berbagai jenis tanaman seperti menanam bunga, sayur-sayuran, cabai sebagai apotik hidup, kolam ikan, ternak ayam dan ternak itik yang dapat mendatangkan penghasilan tambahan ekonomi keluarga.
    
”Alhamdulillah sekarang para warga sudah memanfaatkan pekarangan halaman rumah. Tidak hanya itu malah  sudah bisa menghasilkan pendapatan tambahan untuk kebutuhan ekonomi keluarganya masing-masing. Bahkan selain bisa terpenuhi kebutuhan ekonomi  keluarganya juga ada yang bisa menjual hasil tanaman sayurannya keluar seperti para warga di Perumahan Lingkar Mas, sudah hampir setiap rumah telah memanfaatkan pekarangan halaman rumahnya ditanami berbagai sayuran, cabe, kolam ikan dan ternak itik dan apotik hidup,” tukasnya.

Khusus di pemukiman Lingkar Mas, lanjut  Edi Arifin, dahulu kondisi lingkungan pemukiman warga di Perumahan Liangtkar Mas terkenal dengan lingkungan pemukiman kumuh  disebabkan sejak selama 10 tahun para warga yang tinggal di Perumahan Lingkar Mas hingga awal tahun 2017 selain karena tingkat kesadaran masyarakatnya masih rendah untuk peduli akan kebersihan lingkungannya juga ditambah selama kurun waktu itu para warga belum pernah sama sekali dikunjungi dan tersentuh pembinaan dari pemerintah.

"Melihat  kondisi itulah kami disaat baru menjabat sebagai lurah maka kita rutin berkunjung  dan sosialisasi serta melakukan  pembinaan warga hingga berhasil diterapkan program Kamis Bersih dan diterapkan Program Hatinya PKK.

Dari hasil sosialisasi dan pembinaan melalui Program Hatinya PKK melakukan kegiatan gerakan menanam berbagai jenis tanaman sebagai apotik hidup disetiap perkarangan halaman rumahnya masing-masing dan program kegiatan gotong royong rutin bersama setiap minggunya disetiap RT diPangkalan Kerinci Timur melahirkan kesadaran yang tinggi bagi masyarakat kami untuk peduli kebersihan  di lingkungannya.

"Hingga saat ini gotong royong rutin dan prgram Hatinya PKK melalui gerakan menanam berbagai jenis tanaman seperti sayur-sayuran,cabe,berkolan ikan,ternak itik,tanam berbagai jenis bunga sebagai apotik hidup disetiap pekarangan halaman rumahnya masing-masing tetap masih berlanjut,” jelas Lurah Pangkalan Kerinci Timur.  

Dari hasil aksi kesadaran yang tinggi ditengah masyarakat pada peduli kebersihan lingkungannya itulah kini daerah Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur termasuk kawasan perumahan Lingkar Mas tidak lagi menjadi daerah kumuh di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur. Sekarang justru sudah menjadi pemukiman  berprestasi karena menjadi lingkungan terbersih dan tertata berbagai jenis tanaman hijau ramah lingkungan yang ditanam masyarakat disetiap pekarangan halaman rumahnya.

Prestasi itu bisa dilihat dari kerja keras para warga perumahan Lingkar Mas  dalam pembenahan kebersihan lingkungannya yang berhasil menjadi Juara I Lomba Program Hatinya PKK di tingkat kecamatan, di tingkat Kabupaten dan di tingkat Provinsi Riau.

Khusus penghargaan  Juara I Provinsi Riau diterima langsung oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pangkalan Kerinci Andina Mutiara Sari bersama ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Haris di Pekanbaru beberapa bulan lalu. "Sekarang para warga di Pangkalan Kerinci Timur sedang mempersiapkan diri  untuk mengikuti penilaian lomba program  Hatinya PKK di tingkat Nasional yang akan digelar pada bulan Maret tahun depan,” tandasnya.
 
Lurah Pangkalan Kerinci Timur Edi Arifin didampingi Sekretaris Lurah Pandu dan aparat kelurahan Pangkalan Kerinci Timur memberikan sosialisasi pada warga terkait pentingnya kebersihan lingkungan.

Dijelaskan Edi Arifin,  prestasi tersebut tak terlepas dari diterapkannya Program Kamis Bersih di setiap lingkungan warga selama ini meski Program Kamis Bersih dilaksanakan pada setiap hari Minggu karena kondisi waktu masyarakat dalam melaksanakannya hanya bisa di hari libur akibat sebagian besar warga bekerja di perusahaan.

Namun substansinya untuk menciptakan masyarakat peduli kebersihan lingkungan di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur sudah terwujud dengan bisa terealisasi kegiatan  gotong royong rutin masyarakat di setiap RT di Pangkalan Kerinci Timur selama ini.

pel2

Ketua TP PKK Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris didampingi Bupati Pelalawan HM Harris, Camat Pangkalan Kerinci Dodi Samputra dan Lurah Pangkalan Kerinci Kota Erhas sedang berikan masukan pada pihak sekolah baru-baru ini.

Walaupun program Kamis Bersih yang kami terapkan di tengah masyarakat pada setiap hari minggu karena faktor kondisi peluang waktu masyarakat karena sebagian besar bekerja sebagai karyawan perusahaan maka mereka hanya punya waktu luang untuk ikut bergotong royong bersama hanyas pada hari libur kerja yakni pada hari Minggu saja.

Namun substansi dari realisasi program Kamis Bersih  itu sudah tercapai yang orientasinya untuk menciptakan kebersihan lingkungan masyarakat  sebagai wujud dari implementasi program Pelalawan Sehat yang telah diprogram Bupati Pelalawan.

Sebenarnya kami sudah melaksanakan tujuh program strategis andalan Pak Bupati ditengah masyarakatnya selama ini termasuk
program Pelalawan sehat yang dalam aksinya dilapangan kami bungkus digotong royong rutin setiap minggunya dan mengimplementasikan program Hatinya PKK,” tegas Lurah Pangkalan Kerinci Timur.
 
Persiapan Lomba Nasional
Khusus untuk sebagai persiapan menghadapi lomba Program HATI PKK di Tingkat Nasional nantinya, baik Lurah Pangkalan Kerinci Edi Arifin, Camat Pangkalan Kerinci Dodi Samputra dan Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris pada acara rapat persiapan Lomba Hatinya PKK di Tingkat Nasional  digelar di Ruang Rapat Kantor Camat Pangkalan Kerinci Rabu (5/12/2018) lalu bersama-sama mendesak semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pelalawan dan pihak perusahaan yang beroperasi di Pangkalan Kerinci bersama masyarakat Pangkalan Kerinci supaya saling membantu untuk  bekerjasama mempersiapkan berbagai hal untuk mematangkan persiapan untuk mengikuti lomba di Tingkat Nasional.

”Kami minta semua OPD terkait dan pihak perusahaan PT RAPP supaya ikut turun tangan membantu dalam berbagai yang perlu persiapan seperti membantu berbagai bibit tanaman seperti bibit  kolam ikan, bibit cabe,bibit ternak  itik,tong sampah, berbagai jenis bunga dan tanaman lainnya yang akan ditanam dan ditempatkan di pekarangan rumah warga Kelurahan Pangkalan Kerinci yang akan ikuti lomba tersebut. Karena tanpa bantuan dan kerjasama semua OPD terkait dan semua pihak maka semua persiapan tidak akan bisa terlaksana dengan maksimal dan matang nantinya,” ujarnya.

Bahkan Ketua TP PKK Pelalawan dan Lurah Pangkalan Kerinci Timur menegaskan, untuk mengetahui berbagai hal yang perlu dipersiapkan menghadapi lomba Tingkat Nasional itu, pengurus Tim Penggerak PKK Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur,pengurus TP PKK Kecamatan Pangkalan Kerinci dengan Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan dengan perwakilan warga perumahan Lingkar Mas sudah studi banding ke desa yang ada di Kabupaten Wonosobo yang Juara I lomba Program Hatinya PKK Tingkat Nasional.

”Studi banding dilakukan ke desa yang Juara I lomba porgram Hatinya PKK tingkat nasional di Wonosobo itu untuk mengetahui langsung kondisi kebersihan dan penataan berbagai jenis tanaman apotik hidup dan tanaman hijau ramah  lingkungan serta usaha warga di lingkungan desa tersebut,” terangnhya. 

Lurah Pangkalan Kerinci Timur menjelaskan, kalau di desa di Kabupaten Wonosobo  tersebut terlihat jumlah warganya hanya 900 KK namun dari segi penataan pemukiman memang dipenuhi berbagai jenis tanaman di setiap pekarangan halaman rumah penduduk. Kalau jumlah warga di Kelurahan  Pangkalan Kerinci Timur sebanyak 18 ribu Kepala Keluarga dengan luasnya 10 Km2. Sedangkan jumlah Warga di Perumahan Lingkar Mas yang akan ikut lomba Program Hatinya PKK Tingkat Nasional, hanya 150 KK.

”Untuk itu, kita akan tambah lagi tiga  perumahan warga selain perumahan Lingkar Mas yaitu Perumahan Regensi, Perumahan Asri, Perumahan Sakinah dengan total jumlahnya 4 perumahan dengan jumlah warga 750 KK," tegas Lurah Pangkalan Kerinci Timur.
    
Kalau ditanam mulai dari sekarang maka menjelang saat jadwal tim penilai pusat turun ke tengah masyarakat pada bulan Maret tahun depan itu sehingga semua tanaman ditanam di setiap pekarangan halaman warga di Pangkalan Kerinci Timur sudah bisa mulai panen.

Sekarang dari pihak kelurahan sendiri untuk membantu warga sudah kami sediakan stok 1000 bibit cabai untuk dibagikan dan ditanam warga di pekarangan rumahnya masing-masing. Bantuan kerjasama semua pihak sangat diperlukan  agar semua persiapan bisa maksimal sehingga mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan nantinya.

"Karena  kami sendiri dari kelurahan sulit bisa berbuat banyak karena terbatasnya anggaran dana,  namun kami sudah berupaya sesuai kemampuan yang kami dimiliki. Kemudian jika menang pada lomba Tingkat Nasional nanti, kami dari kelurahan akan disibukan untuk melayani daerah kabupaten lain yang berdatangan untuk berstudi banding,” jelas Edi Arifin.
    
Menurut Camat Pangkalan Kerinci Dodi Samputra SSTP dalam sambutannya pada acara rapat persiapan Lomba Program Hatinya PKK
digelar di Ruang Rapat Kantor Camat Pangkalan Kerinci, Rabu (5/12/2018) lalu mengatakan bahwa  acara rapat persiapan tersebut dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari rapat pertemuan kecil sebelumnya.

”Untuk itu kami mohon  support dan bantuan serta kerjasamanya semua pihak OPD terkait dan khususnya seluruh aparat dan seluruh masyakarat Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur agar saling bekerjasama dengan sistem keroyokan bersama untuk memaksimalkan dan mematangkan semua persiapan untuk mengikuti lomba tersebut. Karena banyak kriteria penilaian yang harus dipersiapkan," sebutnya.

pel5

Ketua TP PKK Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris didampingi Camat Pangkalan Kerinci Dodi Samputra dan Lurah Pangkalan Kerinci Timur memberikan arahan pada peserta rapat yang hadir terkait  persiapan ikuti lomba Program Hatinya PKK Tingkat Nasional di Kantor Camat Pangkalan Kerinci, Selasa 27 November 2018 lalu.

Sebenarnya kalau secara umum, bukan hanya di Perumahan Lingkar Mas persiapan yang harus dilaksanakan, tapi ada beberapa titik yang juga dilakukan secara bersama guna mematangkan persiapan lomba tersebut. Dengan kematangan persiapan kita sehingga saat Tim penilai dari pusat yang akan turun sekitar bulan Maret tahun depan maka tentu tidak mengecewakan hasil yang didapat nantinya,” ujar mantan Camat Bandar Sei Kijang ini.

Harapan Camat
Camat Pangkalan Kerinci Dodi Samputra SSTP mengharapkan seluruh masyarakat khususnya di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur
yang akn mengikuti lomba program Hatinya PKK Tingkat Nasional, selain dengan adanya penilaian kegiatan formal nantinya
hendaknya sudah jadi budaya tanpa komando dengan membudayakan hidup sehat dan bersih di lingkungan tengah masyarakat itu
sendiri.

“Budidayakan aksi gerakan dalam pemanfaatan pekarangan halaman rumah dengan menanam berbagai jenis tanaman sebagai apotik hidup dan budidayakan kolam ikan di pekarangan rumah akan berdampak positif bagi pendapatan ekonomi keluarga warga
tersebut,” tegas Camat Dodi di akhir sambutannya sambil minta arahan dari Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris terkait persiapan mengikuti lomba program Hatinya PKK ke Tingkat Nasional.

Sebenarnya, kata Ratna Mainar Harris, rombongan PKK Pelalawan pada awalnya hendak studi banding ke Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun ini, karena Rohul meraih Juara III Lomba Program Hatinya PKK. Namun setelah koordinasi dengan pihak desa di Rohul tersebut pada awalnya bersedia menerima kunjungan studi banding dari Pelalawan namun gagal sehingga TP PKK Pelalawan memilih tempat studi banding ke desa yang ada di Kabupaten Wonosobo, yang meraih Juara I Lomba Program Hatinya PKK Tingkat Nasional tahun ini.

”Sebenarnya dari rencana awal kita programkan untuk pergi studi banding ke Rohul yang pernah Juara III Lomba Program Hatinya PKK Tngkat Nasional tahun ini. Tapi entah apa penyebabnya, setelah kita koordinasikan yang pada awalnya mau menerima kunjungan kita, namun setelah dikoordinasikan kembali terkait rencana kita erkunjung untuk studi banding tersebut, justru pihak Kabupaten Rohul minta tunggu-tunggu terima kunjungan kita tersebut dan hingga kini tak ada jawaban alias gagal. Dengan gagal itu sehingga kita memilih studi banding ke Wonosobo yang sudah selesai kita kunjungi,” ujar Ketua TP PKK Pelalawan.   
    
Menurut Ratna Mainar Harris, para pengurus TP PKK Pelalawan melakukan kunjungan studi banding ke Kabupaten Wonosobo tersebut sebagai pedoman dalam persiapan bagi Pelalawan dalam mengikuti lomba tingkat Nasional tahun depan.

Pada saat studi banding ke Wonosobo tersebut, rombongan Pengurus PKK Pelalawan bersama perwakilan warga Perumahan Lingkar Mas melihat di setiap rumah warga terdapat padat sekali halamannya yang ditanami berbagai jenis tanaman dengan teratur seperti tanaman cabai, seledri, bawang, tanaman obat dan berbagai jenis bunga yang kebanyakan ditanam pakai polibag serta ternak warga.

Di desa yang menjadi Juara I Lomba Program Hatinya PKK itu  tampak di setiap halaman warga yang ditanami berbagai jenis tanaman apotik hidup asri, teratur,indah dan nyaman. DiWonosobo itu para warganya betul-betul menerapkan  program Hatinya PKK. Jadi sangat wajar desa di Kabupaten Wonosobo itu menjadi Juara I Tingkat Nasional.

Apalagi, tambah Ratna,  para warga di sana dengan sudah tersedia semua berbagai jenis tanaman apotik hidup untuk kebutuhan rumah tangga saling membeli menjual dan tidak membeli keluar lagi dari desanya,” terang Ketua TP PKK Pelalawan di hadapan peserta rapat persiapan lomba Program Hatinya Pelalawan untuk tingkat Nasional digelar di Kantor Camat Pangkalan Kerinci.

Di desa yang menerapkan program Hatinya PKK itu. sebut Ratna Mainar Harris lagi, terlihat sangat kompak merealisasikannya. Bahkan untuk menerapkan program Hatinya PKK di pemukiman pekarangan halaman para warga diwajibkan menanam berbagai jenis tanaman apotik hidup melalui penerbitan Perdes.

Hal itu terlihat dari pasangan calon pengantin yang menikah di Kantor KUA, pihak kantor KUA mewajibkan pasangan pengantin yang akan menikah tersebut membawa lima polibag yang telah diisi dengan tanah dan dibawa pulang untuk ditanami dengan tanaman seperti cabai dan tanaman lainnya.

”Dari hasil studi banding ke Wonosobo itu, dapat menjadi pedoman bagi kita untuk menjadi bahan tentang apa saja yang harus akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba Tingkat Nasional dengan membawa nama Riau pada bulan Maret tahun depan tersebut,” tegas Ketua TP PKK Pelalawan.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Pelalawan H Asril MKes melalui Kasi Program dan Kesehatan Bety Marlina MKes kepada
Piramidnews.com baru-baru ini  mengatakan,  pihak Dinas Kesehatan Pelalawan sangat mendukung prestasi penerapan Program
Hatinya PKK dan peduli kebersihan lingkungan dilakukan masyarakat Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur yang berhasil menjadi Juara di Tingkat Provinsi Riau dan akan berjuang merebut juara di Tingkat Nasional.

Prestasi masyarakat Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur tersebut sangat sejalan dengan implentasi Program Pelalawan Sehat yang telah dicanangkan Bupati Pelalawan. Selama ini pihak Dinas Kesehatan Pelalawan melalui para petugas Dinas Kesehatannya yang ada di tingkat kelurahan dan kecamatan selalu ikut membantu pihak kelurahan dan masyarakat untuk merealisasikan Program Pelalawan Sehat seperti program peduli kebersihan lingkungan.

"Hal itu kita lakukan karena sudah menjadi misi tujuan khusus penerapan Program Pelalawan Sehat oleh pihak Dinas Kesehatan Pelalawan bersama jajaran petugas kesehatan untuk ikut serta membantu masyarakat di Kabupaten Pelalawan termasuk ikut serta membantu penerapan Program Pelalawan Sehat yang dilaksanakan di tingkat kelurahan dan tingkat Kecamatan Pangkalan Kerinci,” tegas Bety Marlina. (Advertorial/suhemri Hasan)                          

Foto Utama: Ketua TP PKK Kecamatan Pangkalan Kerinci Andina Mutiarasari terima penghargaan Juara I pada Lomba Program Hatinya PKK Tingkat Provinsi Riau dari Pemprov Riau baru-baru ini.



×