Advertorial kab-pelalawan
Minggu, 26 Agustus 2018 - 23:17:30 WIB

Disdik Bertekad Wujudkan Peningkatan Kualitas Pendidikan di Pelalawan

Editor: Administrator | Dibaca: 352
Disdik Bertekad Wujudkan Peningkatan Kualitas Pendidikan di Pelalawan

PADA tahun 2017 lalu, kualitas mutu Pendidikan di Kabupaten Pelalawan termasuk kualitas Pendidikan terbaik tiga besar se-kabupaten/kota di Provinsi Riau. Untuk itu pada tahun ini pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan dengan jajarannya bersama seluruh jajaran pihak sekolah  bersama  majelis guru di setiap sekolah akan terus mempertahankannya hingga lebih meningkatkannya menjadi mutu atau kualitas pendidikan terbaik di Riau ke depannya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan Drs Syafrudin MSi kepada Piramidnews.com saat ditemui, Kamis siang (16/8/2018) di ruang kerjanya. Menurutnya, berdasarkan penilaian dilakukan Pemerintah Provinsi Riau terhadap laporan proses pendidikan di setiap sekolah, baik yang negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Pelalawan setiap bulannya tahun lalu, ternyata dari hasil penilaian pihak Pemprov Riau itu menempatkan posisi kualitas mutu pendidikan di Kabupaten Pelalawan bersama Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Dumai sebagai peringkat terbaik mutu pendidikannya di Riau.

”Kan setiap sekolah kita yang ada di Kabupaten Pelalawan baik yang sekolah negeri maupun sekolah swasta baik sekolah SD maupun sekolah SMP yang dalam perkembangan proses pendidikan di sekolahnya masing-masing terus setiap bulannya melaporkannya secara online ke pihak LPMP Riau dan ke  Disdik Pelalawan baik data guru, data siswa dan data sekolah serta data tentang perkembangan proses pendidikan.

Dengan laporan proses perkembangan pendidikan setiap bulannya dari masing-masing sekolah yang ada di Pelalawan itu, langsung dilaporkan ke pihak Disdik Riau setiap bulannya. Dari laporan perbulan tentang proses pendidikan di setiap sekolah di daerah, dijadikan acuan penilaian perkembangan mutu pendidikan di setiap kabupaten/kota di Riau oleh tim penilai pendidikan Pemprov Riau selama ini.

"Terutama pada tahun 2017 lalu menjadikan kualitas pendidikan di Kabupaten Pelalawan termasuk kualitas pendidikan terbaik dengan dua kabupaten/kota di Riau. Dengan prestasi itu, maka Dinas Pendidikan kita mendapat penghargaan dari Kemendikbud yang diserahkan langsung pihak Sekjen Kemendikbud pada saya yang penyerahaan penghargaan itu digelar di Pekanbaru belum lama ini,” terang Syafrudin  mantan Kadisdukcapil Pelalawan. 

advpel1

Para siswa berprestasi foto bersama usai terima piagam penghargaan dari Bupati Pelalawan

Terkait pembuatan laporan ditegaskan Kadisdik, di setiap sekolah di Kabupaten Pelalawan sudah ada ditempatkan operator sekolah yang telah ahli, diberikan pelatihan dalam sistem pembuatan pelaporan administrasi sekolah sehingga setiap sekolah di Kabupaten Pelalawan, tidak lagi kesulitan untuk membuat laporan administrasi di sekolahnya masing-masing.

”Jadi dengan adannya operator  di tiap sekolah di Kabupaten Pelalawan sehingga masing-masing sekolah lancar saja membuat dan melaporkan perkembangan proses pendidikan sekolahnya masing-masing secara online setiap bulan kepada  pihak LPMP Riau dan melaporkannya ke Disdik Pelalawan selama ini,” tukas Syafrudin.

Selain kualitas mutu proses pendidikan di Pelalawan semakin baik di Riau, sebut Kadisdik Pelalawan, maka terdapat banyak prestasi para siswa dalam berbagai lomba kejuaraan yang berhasil menjadi juara di tingkat Provinsi Riau hingga  tingkat nasional.

Hal itu bisa dilihat dari prestasi para siswa Kabupaten Pelalawan dalam mengikuti lomba Seni dan Tari pada acara Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SD dan SMP se-Riau maka para siswa Kabupaten Pelalawan yang berhasil menjadi Juara Umum tingkat Provinsi Riau yang diraih siswa SD 04 Pangkalan Kerinci dan siswa SMP Bernas Pangkalan Kerinci mendapat Juara Umum II tingkat Provinsi Riau tersebut.

Kedua siswa SD dan SMP dari Pelalawan itu akan mewakili Riau untuk mengikuti lomba FLS2N ke tingkat Nasional yang digelar pada 26-29 Agustus 2018 ini di Bangka Belitung. Begitu juga prestasi siswa menndatang. Kita yang mengikuti lomba senam tingkat pelajar se-Riau pada lomba O2SN yang digelar di tingkat Provinsi Riau, siswa Pelalawan  yang berhasil menjadi Juara Umum Lomba Senam tingkat pelajar se-Riau.

"Dengan demikian sehingga siswa kita akan menjadi duta mewakili Riau mengikuti kegiatan O2SN di bidang Lomba Senam ke tingkat Nasional pada bulan September 2018 mendatang,” ujar Kadisdik Pelalawan dengan nada bangga karena prestasi itu  berhasil mengharumkan nama kabupaten Pelalawan di tingkat Provinsi hingga ke tingkat nasional tahun ini.

adv2

Wabup Pelalawan Drs Zardewan MM didampingi Kadisdik Pelalawan Drs Syafrudin MSi dan Kabid SMP Disdik Pelalawan Mahnizar  MPd tinjau Ujian Nasional di SMP Komplek PT RAPP di Pangkalan Kerinci tahun lalu.


Kadisdik Syafrudin juga mengaku bahwa prestasi lomba cerdas cermat tingkat Provinsi Riau juga diraih para siswa SMP Bernas Pangkalan Kerinci. Para siswa SMP Bernas  yang Juara Umum lomba Cerdas Cermat itu akan diutus mengikuti lomba cerdas Cermat tingkat  nasional untuk mewakili Riau tahun ini.  

Hanya saja diakui Kadisdik, bahwa pihaknya tetap memberikan perhatian terhadap para siswa berprestasi yang ada di Kabupaten Pelalawan dengan memberikan pendidikan gratis pada mereka namun tidak bisa memberikan perhatian khusus dan spesial seperti memberikan bantuan pakaian seragam gratis seperti program pendidikan full gratis pada para siswa berprestasi tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya.

Khusus untuk meningkatkan mutu pendidikan di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Pelalawan, lebih lanjutkan dijelaskan Kadisdik Pelalawan, bahwa pihaknya terus memberikan pembinaan dan pelatihan pada para Kepala Sekolah dan para guru baik pelatihan diikuti di tingkat kabupaten, provinsi maupun  tingkat nasional  dilakukan  seperti pelatihan Penerapan Kurikulum 2013 yang kini sedang diikuti para guru Pelalawan yang digelar di Batam yang dilaksanakan pihak Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan Ri.

”Kita berikan pelatihan dan pembinaan pada para kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kemampuan wawasannya dalam proses pendidikan belajar mengajar di sekolahnya masing-masing supaya mereka memiliki kemampuan yang lebih bagus dalam melaksanakan tugasnya untuk mendidik para siswanya di sekolah tempat tugasnya masing-masing menjadi semakin meningkat kualitas pendidikan para siswanya,” tegas Syafrudin.

Terjadinya  peningkatan mutu pendidikan, kata Kadisdik, tak terlepas dari kerjasama antara Dinas Pendidikan dengan pihak sekolah yang dibangun selama ini dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para Kepsek dan para guru di setiap sekolah.

Apalagi terkait penerapan K13 maka para guru harus diberikan pembinaan dan pelatihan secara mendalam karena pada tahun 2019 mendatang ini, setiap sekolah di Indonesia khususnya di Kabupaten Pelalawan sudah harus menerapkan K13 tersebut di sekolahnya masing-masing.

"Untuk itu kita perbanyak guru instruktur K13 di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Pelalawan supaya setiap guru instruktur bisa memberikan pelatihan dan pemahanan pada para guru yang ada di Pelalawan,” terangnya.

adv4

Bupati Pelalawan HM Harris menyerahkan piagam penghargaan kepada 119 siswa berprestasi tahun lalu

Bupati HM Harris hadapan ratusan pelajar Pelalawan berprestasi  pada acara berikan piagam  penghargaan di Gedung Daerah tahun lalu dalam sambuatanya dmengatakan, dirinya sangat bangga kepada anak-anak generasi penerus bangsa di Kabupaten Pelalawan karena telah mengharumkan nama daerah di kancah kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional.

“Dengan prestasi ini  saya berpesan kepada para pelajar yang berprestasi agar selalu mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang diraih.Saya mengucapkan terima kasih kepada siswa-siswi yang sudah mengharumkan nama daerah dan saya meminta kepada para pelajar yang telah memperoleh prestasi ini, hendaknya tidak cepat berpuas diri dengan apa yang telah diraih,” pinta Bupati.

Bupati Pelalawan HM Harris sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diperoleh oleh siswa-siswi berprestasi karena dengan perjuangannya yang berat dalam mengikuti kompetisi di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional, sehingga dapat memperoleh juara dan mengharumkan nama sekolah dan daerah.

”Para siswa siswi kita yang memperoleh prestasi di tingkat provinsi dan nasional sebagai bentuk indikator bagi Program Pelalawan Cerdas yang kita canangkan menghasilkan dengan prestasi hasil yang baik dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat khususnya anak-anak didik kita di Kkabupaten Pelalawan ini,” tegasnya.

Hanya saja Bupati mengaku bahwa pada tahap awal ini, pihaknya  hanya mampu memberikan piagam saja karena  jika anggaran daerah nanti mencukupi, maka tentunya  akan memberikan bantuan bonus ataupun bantuan uang saku kepada para siswa berprestasi yang sudah mengharumkan nama daerah di kancah nasional atau internasional.

“Dengan banyaknya siswa Kabupaten Pelalawan yang memperoleh prestasi di tingkat provinsi dan nasional, hal itu menunjukkan indikator Program Pelalawan Cerdas yang dicanangkan telah berhasil dengan baik dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa yang ada di Kabupaten Pelalawan,” tegas Bupati.

Senada dengan penyataan Bupati Pelalawan terkait tak bisa bantuan khusus pada para siswa berprestasi juga diungkapkan Kadisdik Pelalawan Drs Syafrudin MSi beberapa hari lalu mengatakan, mengingat dengan kondisi minimnya anggaran dana di Dinas Pendidikan karena anggaran dana yang dianggarkan untuk program pendidikan selalu dipangkas karena terkena rasionalisasi anggaran.

”Karena itu kita berharap pada para siswa berprestasi termasuk pada orang tua mereka supaya memaklumi kondisi keuangan yang ada di Dinas pendidikan Pelalawan sehingga tak bisa memberikan perlakuan khusus pada para siswa berprestasi tersebut. Namun demikian,  meskipun tidak ada perhatian bantuan khusus dari Dinas Pendidikan tapi jangan menjadi tidak termotivasi dalam meraih berbagai prestasi tapi justru harus semakin menjadi  termotivasi dengan berbagai kondisi kekurangan dalam mengikuti berbagai kejuaraan baik di tingkat Provinsi Riau maupun di tingkat Nasional,” pinta Syafrudin.

Bupati Pelalawan HM Harris mengaku kaget dan terkejut setelah mendapatkan informasi dari Kadisdik Pelalawan yang melaporkan padanya tentang adanya puluhan kepala sekolah SD dan SMP di Pelalawan yang masih dijabat pelaksana tugas (Plt).

”Saya baru sekarang tahu, walau kata Kadisdik tadi, ada yang Plt sudah 4 tahun," kata Bupati Pelalawan HM. Harris, saat cofee morning di Ruang Auditorium Kantor Bupati Pelalawan, Senin (30/7/2018) lalu. Dengan informasi itu Bupati Harris langsung memerintahkan Kadisdik, BKD dan Sekda Pelalawan untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Saparudin melaporkan bahwa ada 18 Kepala Sekolah SMP dan 63 Kepsek SD yang masih Plt di Kabupaten Pelalawan. "Kita sudah sampaikan ke BKD, namun sampai sekarang belum ada tanggapan dan agar dicarikan jalan keluarnya," kata Bupati.

Kadisdik Pelalawan Syafrudin kepada Piramidews.com juga mengakui bahwa terdapat puluhan Kepsek SD dan SMP  yang ada di Kabupaten Pelalawan masih Pelaksana Tugas (PLT) dan tidak memenuhi persyaratan baik dari segi kepangkatan  dan golongan.

”Ada Plt Kepsek yang pangkatnya hanya 3A tentu tak memenuhi yang persyaratan. Kita akan benahi ini semua dalam penempatan Kepala sekolah yang harus sesuai pangkat dan golongan yang harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sekarang yang menjadi hambatan terkait kondisi para guru yang di Kabupaten Pelalawan banyak yang belum ikut seleksi calon Kepala sekolah dan Calon Pengawas. Karena kita, di samping meningkatkan mutu pendidikan juga dibutuhkan pengawasan yang perlu dijalankan supaya mutu pendidikan berkualitas bisa tercapai,” tandasnya.

Ajukan  Tipe A
Pada tahun ini diungkapkan Syafrudin Kadisdik Pelalawan mengaku bahwa pihaknya sekarang sedang mengajukan status akreditasi Disdik Pelalawan yang hanya Tipe B menjadi Tipe A kepada Kemendikbud Pusat melalui Pemprov Riau. Karena kalau dari persyaratan maka Disdik Pelalawan sudah memenuhi syarat menjadi status tipe A, hanya saja sebelumnya pihak Disdik Pelalawan tidak mengurusnya. Padahal sekarang hanya Dinas Pendidikan Pelalawan satu-satunya masih berstatus tipe B selebihnya sudah tipe A.

“Untuk itu kita akan targetkan tahun ini Dinas Pendidikan Pelalawan bisa berstatus tipe A yang sekarang sedang dalam pengurusan ke Pemrov Riau. Kita optimis bisa berhasil karena pada tahun ini Dinas Pendidikan akan bergabung dengan Kebudayaan yang sekarang bergabung di Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Pelalawan, sehingga nantinya menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pelalawan.

Dalam penilaian persyaratan, karena di Kabupaten Pelalawan dengan banyaknya peguyuban persukuan sehingga sangat menambah nilai tambah dalam pengurusan status Dsdik Pelalawan mejadi tipe A,” ujar Syafrudin. (advertorial advsuhemri hasan)

Foto Utama: Kadisdik Pelalawan Syafrudin meninjau pelaksanaan ujian di suatu sekolah di Kabupaten Pelalawan.

×