Advertorial Kab Bengkalis
Rabu, 29 November 2017 - 23:59:26 WIB

Rakornis Pamsimas III, Kadis PUPR: Pamsimas Salahsatu Prioritas Pembangunan Bengkalis

Editor: Administrator | Dibaca: 148
Rakornis Pamsimas III, Kadis PUPR: Pamsimas Salahsatu Prioritas Pembangunan Bengkalis

PIRAMIDNEWS.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis melalui Bidang Cipta Karya menggelar Rapat Koordinasi (Rakornis) Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) ke-III se-Kabupaten Bengkalis, Selasa (28/11/17) di Ruang Rapat Kantor Dinas PUPR Jalan Pertanian Bengkalis.

Rakornis tersebut resmi dibuka Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis Tajul Mudaris, yang diikuti sebanyak 24 Desa di 11 Kecamatan Kabupaten Bengkalis.

Dalam arahannya Tajul mengatakan, pelayanan air minum dan sanitasi merupakan salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Bengkalis. Berbagai program pembangunan di bidang air minum dan sanitasi, baik yang dilakukan dengan berbasis Dinas/Lembaga maupun yang dilakukan dengan berbasis masyarakat, telah berkontribusi pada peningkatan jumlah penduduk yang memiliki akses terhadap air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.

Lanjut Tajul, berbagai program/kegiatan pembangunan di bidang air minum dan sinitasi ini mendapat terancam sia-sia jika tidak dibarengi denga upaya pemeliharaan hasil dan pengembangan pelayanan secara berkelanjutan, terutama hasil-hasil kegiatan penyedian air minum dan sinitasi perdesaan dengan pendekatan berbasis masyarakat,sebagaimana program Pamsimas yang sejatinya merupakan kegiatan kemitraan antara masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Program Pamsimas yang kita laksanakan bersama sejak tahun 2008 sampai dengan tahun 2016 telah mampu menjangkau sedikitnya 88 Desa di 11 Kecamatan dan untuk tahun 2017 ini ada 24 Desa, pencapaian yang baik ini tentu terus dapat kita pelihara bahkan kita kembangkan agar jumlah masyarakat yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang layak ini terus bertambah, khusus akses masyarakat miskin perdesaan yang relatif rentan terhadap akses pelayanan publik,” ujar Tajul.

Plt Kadis PUPR menambahkan, berbagai tantangan yang telah menjadi pembelajaran dan semakin memotivasi untuk memperbaikinya melalui kerjasam Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Pemerintah Desa, Masyarakat dan Lembaga lainnya yang peduli atas kondisi pelayanan air minum dan sanitasi masyarakat perdesaan.

Terakhir Tajul berpesan kepada peserta agar dapat mengikuti Rakornis dengan serius, agar pelaksanaan program Pamsimas di perdesaan benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat. (rls/diskominfotik)

 
Foto: Plt Kadis PUPR Bengkalis Tajul Mudaris berfoto bersama dengan peserta Rakornis Pamsimas III Se-Kab Bengkalis, Selasa.

×