Advertorial kab-siak
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 23:14:58 WIB

Masyarakat Kampung Jatibaru Siak Antuas Ikuti Upacara HUT RI Ke-74

Editor: Administrator | Dibaca: 24
Masyarakat Kampung Jatibaru Siak Antuas Ikuti Upacara HUT RI Ke-74

PIRAMIDNEWS.COM - Pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun 2019 di Kampung Jatibaru berlangsung meriah. Kemeriahan itu dapat dilihat dari peserta upacara yang meliputi seluruh elemen masyarakat baik kaum muda, anak-anak dan kaum tua yang mengikuti upacara kemerdekaan itu. Berbeda pada tahun sebelumnya, kesadaran masyarakat yang ada di kampung tersebut perlahan mulai tergugah untuk mengikuti upacara tahunan yang dilaksanakan di tempat yang berbeda.

"Tahun lalu sebagai tuan rumah pelaksana upacara di Dusun Jatirejo RK 3. Namun, tahun ini sebagai tuan rumah adalah Dusun Jatimulya yang dijadwalkan sebelumnya di Dusun Srimersing. Karena dusun tersebut tidak siap, maka Jatimulya yang mengambilnya,” jelas Kepala Dusun Jatimulya Jumadi kepada Piramidnews.com Sabtu (17/8/2019).

Lebih  lanjut pria berjenggot yang tak seberapa itu mengungkapkan, Dusun Jatimulya bukan sekali ini saja sebagai tuan rumah pelaksana upacara. Namun, dusun Jatimulya merupakan dusun yang pertama kali mandiri dalam melaksanakan upacara 17 Agustus.

“Sebenarnya bukan sekali ini saja Dusun Jatimulya menjadi tuan rumah pelaksana. Namun, dusun ini merupakan dusun pertama kali yang melaksanakan upacara 17 Agustus sendiri tidak ikut gabung di kecamatan,” ungkapnya dengan penuh bangga.

Pria yang sering disapa Mbah Jenggot itu menjelaskan, hal itu dilakukan mengingat antusias masyarakat di dusunnya itu sangat tinggi dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

“Antusias masyarakat di sini sangat tinggi, makanya dari dulu kita laksanakan upacara di sini. Kalau tidak dilaksanakan upacara di sini, maka masyarakat enggan mengikuti upacara di kecamatan,” tutupnya.

Sementara itu, ada beberapa tokoh masyarakat dari kampung tetangga yang hadir di upacara HUT RI Ke-74 Kampung Jatibaru, beliau juga sebagai Imam Besar Masjid Annur yaitu Khaidir, beliau sangat mengapresiasi upacara yang ditaja Pemerintahan Kampung Jatibaru, kerena kemerdekaan ini milik semua warga negara Indonesia, bukan saja pejabat pemerintahan kampung atau kecamatan.

"Seharusnya upacara HUT RI ini dilakasanakan di masing-masing kampung agar masyarakat bisa ikut serta memperingati upacara bendera, tapi kalau dilaksanakan di kecamatan, saya yakin banyak masyarakat yang tidak ikut dan merasa tidak memiliki hari ulang tahun kemerdekaan. Untuk itu kami berharap, upacara ini bukan saja dilakukan di kecamatan atau di kampung Jatibaru tapi bisa juga dilaksanakan di masing-masing desa agar masyarakat bisa merasa memiliki negeri tercinta ini," harapnya.

PJ Penghulu Kampung Jatibaru Wasito yang juga sebagai Sekcam Bunga Raya mengucapkan terimakasih kepada panitia HUT RI Ke-74 di Dusun Jatimulya dan seluruh masyarakat Jatibaru yang antusias mengikuti upacara ini.

"Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kampung Jatibaru yang antusias dengan semangat patriotisme tinggi untuk mengikuti upacara HUT RI Ke-74 di Lapangan Lang Lang Buana Dusun Jatimulya, semoga tahun depan bisa lebih ditingkatkan lagi," pungkasnya

Pantauan di lapangan, sebagai Inspektur upacara Pj Penghulu Kampung Jatibaru yang juga Sekretaris Camat Kecamatan Bunga Raya Wasito. Hadir juga dalam acara itu, Bhabinkamtibmas Kampung Jatibaru Bripka Rafindo S, seluruh perangkat Kampung, Tokoh Agama, serta tokoh masyarakat.

Usai upacara, dilakukan pembagian hadiah piala bergilir bagi lingkungan RT yang terbaik, selain itu karena sering dijuluki sebagai kampung pesilat, masing-masing perguruan menyajikan atraksi terbaiknya. Selain silat, ada juga khas dari Dusun Jatimulya menampilkan tarian rakyat yang menamakan dirinya PKRI dengan berkostum bak pahlawan perang. Selain itu ada juga penampilan dari kesenian Petruk Gareng dan lain-lain. (sugianto)

Foto: Masyarakat Jatibaru antusias mengikuti upacara HUT RI Ke-74 di Lapangan Langlang Buana dengan berbagai penampilan kesenian daerah, Sabtu (17/8). Tampak masyarakat dengan unsur pimpinan kampung dan anggota Paskibra foto bersama usai pelaksanaan upacara HUT RI ke-74.




×