Advertorial Kab Bengkalis
Minggu, 27 Oktober 2019 - 19:34:32 WIB

Bupati dan Ketua TP-PKK Bengkalis Hadiri Silaturahmi Akbar Mitra Sunda Riau

Editor: Administrator | Dibaca: 66
Bupati dan Ketua TP-PKK Bengkalis Hadiri Silaturahmi Akbar Mitra Sunda Riau

PIRAMIDNEWS.COM - Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi istri yang juga Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril menghadiri acara Silaturahmi Akbar Mitra Sunda Riau (MISURI) dan Pagelaran Seni Budaya, Minggu (27/10/2019), di Halaman Anjung Seni Idrus Tin Tin (Purna MTQ) Jalan Sudirman Pekanbaru.

Tepat pukul 09.39 WIB orang Nomor Satu di Negeri berjuluk Negeri Junjungan tersebut tiba di lokasi acara dengan menggenakan pakaian batik berwarna putih dan perpaduan celana hitam.

Di samping itu Bupati Amril Mukminin bersama undangan juga dipasangkan Iket, Totopong atau Udeng (Iket Praktis Makuta Wangsa) dan diarak menuju tempat acara.

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut juga digelar penampilan seni tradisional dari pagayuban sunda seperti Calung, Pongdut, Silat, Jaipong, Degung, Sisingaan, Lengser, Hadroh dan Marawis. Selanjutnya pada acara tersebut Kasmarni Amril terima Kujang dari MISURI.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril terima Kujang Karuhan dari Mitra Sunda Riau (Misuri) sempena pelaksanaan Silaturahmi Akbar bersama Paguyuban Sunda, Minggu (27/10/2019), di Halaman Anjung Seni Idrus Tin Tin (Purna MTQ) Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Pemberian Kujang tersebut langsung diserahkan Ketua Misuri Riau H. Eyang M Surahmat kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril.

Dikatakan Ketua Misuri Riau H Eyang M Surahmat bahwasanya pemberian Kujang Karuhan ini merupakan rasa penghormatan dan terimakasih, dan pemberian ini juga sudah disepakati dari Pagayuban Sunda di Riau untuk diberikan kepada istri Bupati Bengkalis. "Semoga pemberian Kujang Karuhan ini diterima langsung oleh Ibu Kasmarni,” kata Eyang M Surahmat.

Eyang M Surahmat menjelaskan, Kujang mempunyai pengertian sebagai pusaka yang mempunyai kekuatan tertentu yang berasal dari para dewa (Hyang), dan sebagai sebuah senjata, sejak dahulu hingga saat ini Kujang menempati satu posisi yang sangat khusus di kalangan masyarakat Jawa Barat (Sunda). Sebagai lambang atau simbol dengan nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Kujang dipakai sebagai salah satu estetika dalam beberapa lambang organisasi serta pemerintahan.
Di samping itu, Kujang pun dipakai pula sebagai sebuah nama dari berbagai organisasi, kesatuan dan tentunya dipakai pula oleh Pemda Provinsi Jawa Barat.

“Semoga dengan diberikannya pusaka Kujang Karuhan ini akan menjadikan ibu salah satu mitra warga sunda, untuk itu kami mengajak kepada warga sunda yang ada di Riau ini untuk memanggil ibuk dengan gelar Teteh,” ajak Ketua Misuri.

Pada kesempatan itu juga Ketua TP-PKK yang juga istri dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengucapkan terimakasih, atas kepercayaannya untuk menerima pusaka Kujang Karuhan ini.

“Kami menerima baik atas pemberiannya, semoga pemberian ini akan memberikan dampak positif bagi kami dan khususnya bagi pagayuban Sunda,” Ungkap Kasmarni.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Riau Iwandi, Danrem 031 WB Brigjen TNI Mohammad Fajar, Kapolda Riau diwakili Irwasda Komisaris Besar Polisi Muhammad Zainal Mutadin, Kasat PJR Ditlantas Polda Riau AKBP Indra wijatmiko, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Direktur Awal Bros Sudirman.

Kemudian tampak hadir juga mantan Bupati Siak Arwin As, Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Riau Jailani, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Alfakhrurrazi, Ketua Koni Bengkalis Darma Firdaus, tokoh masyarakat Sunda Provinsi Riau Asep Rukhiat, kalangan masyarakat dan tokoh Sunda serta Mitra Sunda Riau Jawa Barat yang ada di Riau. (sir/inf)

Foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi istri yang juga Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril menghadiri acara MISURI dan Pagelaran Seni Budaya, Minggu (27/10/2019), di Halaman Anjung Seni Idrus Tin Tin (Purna MTQ) Jalan Sudirman Pekanbaru.

×