Advertorial DPRD Riau
Minggu, 17 September 2017 - 21:35:53 WIB

Dijadwalkan, Rabu Ini DPRD Riau Sahkan Ranperda RTRW

Editor: Administrator | Dibaca: 76
Dijadwalkan, Rabu Ini DPRD Riau Sahkan Ranperda RTRW

PIRAMIDNEWS.COM - Setelah sebelumnya sempat batal, pada Senin (11/9), DPRD Riau melalui Rapat Banmus kembali menjadwalkan paripurna pengesahan Ranperda RTRW yang direncanakan pada Rabu (20/9) ini.

Kepastian itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman saat dikonfirmasi wartawan setelah dirinya memimpin rapat Banmus di Ruang Medium DPRD Riau.  "Sudah, sudah disepakati, kita jadwalkan pada hari Rabu depan," sebutnya.

Di samping itu, menurut Politisi Demoktat  ini, selain terjadi penundaan pengesahan, juga dilakukan perbaikan draf dari Ranperda.  Ini sesuai dengan koreksi yang diberikan Kemenkum HAM RI yang belum terakomodir sebelumnya.

"Jadi masih ada waktu untuk dilakukan perbaikan sebelum disahkan.  Draf yang dirubah itu ada tiga pasal di antaranya yang berbunyi 'pimpinan dapat memberikan rekomendasi perubahan suatu kawasan'. Ini yang tidak boleh, dan ini akan disampaikan pada seluruh fraksi dan ada parafnya nanti," jelasnya.

Noviwaldy mengaku, tidak ada unsur politik dengan tertundanya pengesahan RTRW ini.  "Tidak ada yang mesti ditakutkan.  Karena RTRW  bukan untuk memutihkan atau melepaskan sebuah kawasan, hanya merencanakan atau holding zone kawasan.  Sementara yang berhak melepaskan adalah Kementerian LHK," tambahnya.

Ditambahkan Noviwaldy, dalam jadwal pengesahan nanti, pimpinan DPRD minta pada semua Ketua fraksi menjamin kehadiran anggotanya saat pelaksanaan Paripurna. (medi)

Foto: Kantor DPRD Riau

×