Advertorial DPRD Bengkalis
Minggu, 18 Agustus 2019 - 00:09:33 WIB

Upacara HUT RI Ke-74 di Siak Kecil, Anggota DPRD H Azmi Rojali Bacakan Teks Proklamasi

Editor: Administrator | Dibaca: 44
Upacara HUT RI Ke-74 di Siak Kecil, Anggota DPRD H Azmi Rojali Bacakan Teks Proklamasi

UPACARA peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, berlangsung khidmat dan sukses. Upacara ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Camat Siak Kecil,  Sabtu (17/8/2019).

Upacara dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Camat Siak Kecil M Fadlul Wajdi SSTP MSi, sementara yang bertugas sebagai komandan upacara Bripka Ricky Hermawan anggota Polsek Siak Kecil, dan yang bertugas sebagai pembaca teks Proklamasi yaitu anggota DPRD Kabupaten Bengkalis H Azmi Rojali SIP MSi Dilanjutkan pengibaran Sang Saka Merah Putih yang dilaksanakan oleh Paskibraka anak-anak pilihan yang sudah terlatih dari SMAN 1 Siak Kecil dan SMK Pertanian Siak Kecil.

Usai pengibaran bendera Merah Putih Camat M Fadlul Wajdi langsung membacakan kata sambutan dari Gubernur Riau. Dikatakan
Gubri pada sambutannya,  dengan memperingati HUT Kemerdekaan RI mari bersama merenungi perjuangan para pahlawan dalam
mengusir penjajah di tanah pertiwi,

Detik-detik Proklamasi yang telah dibacakan dua pimpinan bangsa Soekarno dan Hatta pada masa itu, telah menandakan berdirinya Negara Indonesia yang berdaulat dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang berisi,  bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa menandakan bahwa kemerdekaan  bukan hanya milik satu kumpulan masyarakat akan tetapi milik seluruh bangsa di muka bumi ini.

Untuk itu,  kemerdekaan merupakan upaya kebebasan diri pribadi dan kelompok untuk mempertahankan keutuhan bangsa kemerdekaan yang diraih suatu Negara, bukanlah hasil dari pemberian yang cuma cuma namun lebih dari itu meraih kemerdekaan butuh pengorbanan dan perjuangan, hal inipun telah diungkapkan dalam tunjuk ajar Melayu.

i2

Penaikan bendera Merah Putih oleh Anggota Paskibra

 

i3

Camat Siak Kecil M Fadhlul menyerahkan bendera kepada salah seorang Paskibra

 

i4

Mengheningkan cipta

Pada peringatan hari jadi ke-62 Provinsi Riau tahun 2019 lalu,  Pemerintah Provinsi Riau dalam memberikan penghargaan kepada 12 tokoh dan pejuang kemerdekaan RI dari Riau atas jasa jasanya dalam mendharma baktikan hidup melalui perjuangan fisik maupun nonfisik.

Penetapan penghargaan ini sesuai surat keputusan Gubernur Riau nomor 913/VIII/2019. Pemberian penghargaan ini sebagai wujud penghormatan dan apresiasi kepada tokoh dan pejuang kemerdekaan RI asal Riau dengan jerih payahnya dan keikhlasan  hati berjuang untuk daerah dan bangsa ini. "Pejuang seperti mereka inilah yang harus menjadi contoh dan teladan bagi kita semua terutama bagi generasi penerus bangsa dalam mendukung pembangunan," katanya.

Dipaparkannya, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengangkat tema SDM Unggul Indonesia
Maju, tema tersebut mengambarkan visi pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, momentum
kemerdekaan ini merupakan momentum yang tepat untuk memperkokoh tali silaturahmi bangsa Indonesia,  memperkuat rasa
kebangsaan, merayakan kebersamaan dan meningkatkan semangat kerja untuk Indonesia   yang lebih baik.

Pola penguatan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dimulai dari sektor pendidikan kesehatan dan inspirasi ukur serta sektor sektor lainnya yang menjadi pendukung pembangunan SDM. Penguatan SDM ini sangat strategis dimana kita akan menghadapi Revolusi Industri "Four Point Zero".

Perkembangan Inovasi dan juga kemajuan teknologi informasi saat ini telah menjadi pemicu  revolusi industri diberbagai bidang.
Tidak pelak lagi kita harus menciptakan SDM yang unggul dan kompentitif, sehingga tercipta SDM yang berdaya saing untuk itu kita berupaya meninggalkan zona nyaman dan terus meningkatkan kapasitas masing masing serta selalu siap dalam berkompetisi seacara positif.

Sejalan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia tahun Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung upaya dari pemerintah dalam menciptakan SDM yang Unggul Indonesia maju,  salah satu butir misi pemerintah Provinsi Riau yakni mewujudkan sumber daya manusia yang beriman berkualitas dan berdaya saing melalui pembangunan manusia seutuhnya.

Penguatan SDM pembangunan manusia seutuhnya terus diupayakan pemerintah Provinsi Riau untuk mewujudkan Riau yang berdaya
saing sejahtra bermartabat dan unggul di Indonesia bersatu. "Tentunya kita yakin dengan banyaknya potensi potensi dan pengembangan inovasi inovasi dari Kabupaten atau kota di Propinsi Riau sebagai upaya untuk mendukung SDM Unggul Indonesia Maju dapat menjawab tantangan revolusi industri Four Point Zero mendatang," jelas Fadlul.

i5

Camat Siak Kecil M Fadlul dan istri foto bersama dengan anggota DPRD Bengkalis dan para kades

 

i6

Foto bersama saat akan usai upacara

Hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA telah dapat kita lewati bersama sama namun saat ini diperlukan perbaikan perbaikan SDM, dengan menyiapkan lembaga lembaga keterampilan dan pelatihan, memperkuat mutu bidang pendidikan termasuk peningkatan kualitas perguruan tinggi serta memperbaiki sistim sertifikasi serta memperbanyak tenaga pengajar produktif melalui training of trainer (TOT) pada lembaga lembaga vokasi.

Berberapa waktu lalu Provinsi Riau juga telah menghelat hari jadinya ke-62 dengan tema diangkat dalam hari jadi ke-62 Provinsi Riau yaitu "Riau Hijau dan Bermartabat". Di usia yang semakin meningkat Provinsi Riau telah menunjukkan kemajuan kemajuan peningkatan pembangunan yang cukup signifikan selain itu juga proyek-proyek strategis nasional seperti jalan tol Pekanbaru-Dumai, yang jalur railway dan juga pembangunan kawasan industri pelabuhan terus dipercepat agar roda perekonomian dapat berjalan.

"Kita bangga berbagai prestasi yang diraih Provinsi Riau di tingkat nasional,  merupakan upaya kerja keras kita selama ini dan juga berkat ridho Allah Subhanahu wa ta'ala," sebutnya.

Penguatan Budaya Melayu didunia pendidikan juga telah kita disukseskan dengan masuknya muatan lokal budaya Melayu di sekolah lanjutan tingkat atas tahun 2019 ini, kurikulum muatan lokal budaya Melayu Riau ini juga mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 79 tahun 2014 tentang muatan lokal kurikulum 2013. Masuknya penguatan budaya Melayu dalam lembaga pendidikan sebagai bentuk upaya kita untuk melestarikan dan menjaga budaya Melayu dari kegenerasi ke generasi berikutnya.

Tentu harus kita sadari bahwa masih banyak hal yang akan kita sempurnakan untuk mewujudkan penguatan muatan lokal budaya
Melayu Riau tetapi berbagai hal yang sudah kita miliki dapat dijalankan dalam mencapai keinginan kita bersama sama untuk kebaikan daerah ini, peninggalan budaya Melayu Riau semangat pelaksanaan muatan lokal diberbagai tempat, bahkan dasar hukumnya yang telah kita miliki kiranya menjadi modal besar bagi kita untuk semua ini.

Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini juga menjadi momen yang tepat bagi kita semua untuk terus berpacu menuju Indonesia yang makmur dan damai sebagaimana kita cita citakan bersama semoga allah subhanahu wa ta'ala
meridhoi segala usaha yang telah kita lakukan dan membimbing apa yang akan kita upayakan untuk membangun Indonesia dan
Provinsi Riau menjadi lebih baik dimasa mendatang,  pungkas camat Siak Kecil saat membacakan kata sambutan dari Gubernur Riau.

Selanjutnya Camat M Fadlul Wajdi sangat mengapresiasi kinerja panitia pelaksanaan upacara dalam mensukseskan peringatan HUT RI  ke-74 tersebut, dimana tidak ada kesalahan selama upacara berlangsung, mulai dari peserta upacara, musik pengiring lagu kebangsaan serta prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih.

"Terimakasih kepada pasukan Paskibra yang sukses menaikkan sang Saka Merah Putih dengan baik. Terimakasih kepada masyarakat Siak Kecil atas suksesnya kegiatan detik-detik proklamasi, diharapkan ke depannya semoga masyarakat Siak Kecil dapat saling bahu membahu, saling membantu dan tidak saling menjatuhkan, tegasnya. Tentunya ini merupakan sukses kita bersama dan dapat menumbuh kembangkan kecintaan masyarakat untuk bangsa Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan yang kita peringati setiap tanggal 17 Agustus adalah sebuah peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia,  apa yang kita perbuat hari ini belum sebesar pengorbanan para pejuang kita terdahulu,“ ujar M Fadlul.

"Yang sudah diperjuangkan oleh para pejuang hendaknya kita pelihara sebaik mungkin. Dan untuk para pemimpin diharapkan terus melakukan peningkatan kinerja untuk mensejahterakan masyarakat sesuai amanat UUD 1945,” ungkap H Azmi Rojali saat diminta pendapatnya terkait HUT RI ke-74 ini. Dan Azmi juga mengucapkan terima kasih setinggi tingginya atas keberhasilan Paskibra atas keberhasilannya dalam mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Zuhandi anggota DPRD yang juga hadir dalam pelaksanaan 17 agustus 2019 juga menyampai poin penting  dan makna Hari
Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74 " Mari kita maknai HUT RI ke 74 ini sebagai spirit untuk kita tetap terus berjuang mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan bermafaat sesuai dengan kapasitas kita masing masing.

Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya mari kita bersama  untuk belajar dan meningkatkan wawasan serta mengambil makna
perjuangan dari para pejuang kita yang telah mengorbankan diri dari tenaga, pikiran bahkan darahpun mereka tumpahkan.

Oleh kerena itu mari kita hargai perjuangan mereka dengan selalu bergandeng tangan,  menjaga kerukunan,  merajut persatuan dan kesatuan demi terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran negeri tercinta ini".

Selain itu sesuai dengan tema HUT RI Ke-74 tahun ini SDM Unggul Indonesia Maju,  artinya kedepan menjadi tanggung jawab kita bersama dalam mencetak SDM Unggul yakni SDM yang tangguh,  SDM yang berakhlak mulia,  SDM yang memiliki Integritas,  SDM yang memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme serta SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk itu bagi generasi muda harapan bangsa terutama yang berada di gerbang Laksmana (Siak Kecil,  Bukit Batu dan Bandar
Laksmana) kami mengajak untuk terus berbenah diri. "Jadilah anda semua generasi pejuang jangan jadi generasi pecundang,  jadilah generasi yang senantiasa menjaga persatuan,  jangan jadi generasi penebar fitnah, atau jangan jadi penebar berita hoaxs dan generasi yang saling mencaci maki," ungkap Zuhandi.

Di tempat terpisah Irwan Kepala Desa Lubuk Muda mewakili dari tokoh masyarakat juga sangat mendukung atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kecamatan Siak Kecil. "Banyak kegiatan menyambut HUT RI Ke-74 ini,  semoga ke depannya lebih baik dan sukses lagi," harap Kades Irwan.

Ikut serta hadir dalam upacara  HUT RI yang ke-74 tersebut anggota DPRD  Bengkalis Zuhandi, Kapolsek  atau yang mewakili Koramil atau yang mewakili,  UPT Se-kecamatan, PNS, TNI, POLRI, para Kepala Desa,  Satpol PP, Pemuda Pancasila,  KNPI,  siswa-siswi mewakili SD, SMP, SMA sederajat se-Kecamatan Siak Kecil, Ketua Penggerak PKK kecamatan, LAMR, tokoh masyarakat serta tokoh agama. Acara berakhir dengan pembacaan doa, dan dilanjutkan dengan fhoto bersama peserta upacara dengan camat Siak Kecil.(sir/advetorial)

Foto Utama: Anggota DPRD Bengkalis H Azmi Rojali saat membacakan teks Proklamasi Kdemerdekaan Indonesia pada upacara memperingati HUT RI ke-74 di Lapangan Kantor Camat Siak Kecil,  Sabtu (17/8/2019).

 

×