Advertorial DPRD Bengkalis
Senin, 27 Januari 2020 - 11:37:24 WIB

Komisi IV Bengkalis “Meningkatkan Kualitas Pendidikan serta Kesejahteraan Masyarakat”

Editor: Administrator | Dibaca: 53
Komisi IV Bengkalis “Meningkatkan Kualitas Pendidikan serta Kesejahteraan Masyarakat”

PIRAMIDNEWS.COM - Pemerintah Kota Batam melalui Asisten Pemerintahan Kota Batam menerima kunjungan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis. Bertempat di Kantor Walikota Batam, kunjungan ini merupakan silaturahim sekaligus Sharing terkait peningkatan kualitas pendidikan serta kesejahteraan masyarakat.

Kunjungan langsung dipimpin oleh Ketua Komisi IV Sofyan bersama Wakil Ketua Samsu Dalimunthe, Sekretaris Irmi Syakip Arsalan, dan anggota Komisi IV yang lain H. Zamzami, Hj. Zahraini, dr. Morison Bationg Sihite, Firman, Rahmah Yenny, Andi Fahlepi, dan Drs. Elman.

Dalam sambutannya Asisten Pemerintah Kota Batam Yuspahendri Menjelaskan bahwa Batam merupakan daerah kota yang dibentuk berdasarkan UUD No. 53 Tahun 1999 yang sebelumnya merupakan kota madya administratif dengan jumlah penduduk 1,3 juta jiwa dengan 12 kecamatan dan 64 kelurahan.

Terkait dengan peningkatan sumber daya manusia, untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat terutama di bidang pendidikan yaitu melalui pemberian beasiswa, Pemerintah Kota Batam telah menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa, salah satunya melalui mahasiswa undangan di 5 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yakni UI, UGM, IPB, ITB, dan UNPAD yang keseluruhan dibiayai oleh Pemerintahan Kota Batam melalui kriteria yang telah ditetapkan.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis Sofyan menanyakan beberapa hal terkait penganggaran, persoalan dinas pendidikan, kegiatan-kegiatan keagamaan yang berkaitan langsung dengan masyarakat dan bantuan Kesra bagi mahasiswa yang diberikan bantuan beasiswa baik di dalam daerah maupun di luar daerah.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Pemerintahan Kota Batam dr. Andi Agung “Terkait masalah beasiswa, di tahun 2018 proposal beasiswa diajukan ke Dinas Sosial dan ditindaklanjuti bantuannya sesuai dengan proposal dari mahasiswa yang bersangkutan, seterusnya bantuan vertikal dibawah Kemenag awalnya di bawah naungan Dinas Pendidikan tetapi karena ada temuan di BPK maka dialihkan ke Kemenag dengan sistem bantuan hibah pertahun dan sudah berjalan dari Bulan Maret 2019”.

Lima (5) perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Pemerintahan kota Batam semuanya tanpa tes dan dibiayai oleh Pemerintah Kota Batam Melalui kriteria-kriteria penerimaan.

Ketua Komisi IV Sofyan mengatakan dari hasil pertemuan ini akan dibahas nantinya bersama OPD dan diharapkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mengelola peningkatan kualitas pendidikan serta kesejahteraan masyarakat tepat sasaran.(sir/dprd/pnc)

×