Advertorial DPRD Bengkalis
Sabtu, 24 Agustus 2019 - 23:55:04 WIB

Bupati Sampaikan Tanggapan Terhadap Pandangan Umum Fraksi pada Rapat Paripurna DPRD Bengkalis

Editor: Administrator | Dibaca: 31
Bupati Sampaikan Tanggapan Terhadap Pandangan Umum Fraksi pada Rapat Paripurna DPRD Bengkalis

PIRAMIDNEWS.COM - DPRD Kabupaten Bengkalis kembali gelar Paripurna yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD H Abdul Kadir
dengan agenda mendengarkan tanggapan Bupati terhadap pandangan umum Fraksi terhadap Nota Keuangan, Kamis (22/8/2019).

Bupati Bengkalis yang diwakili Sekretaris Daerah Bustami HY mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD yang telah bekerja semaksimal mungkin, semoga apa yang dikerjakan mendapat rahmat dari Allah SWT dan bermanfaat bagi
masyarakat.

Terkait pandangan fraksi dari Fraksi Partai Amanat Nasional yang disampaikan oleh Anggota DPRD Syaiful Ardi Bupati menjawab terkait dengan penggunaan anggaran yang ada demi mendekatkan kesejahteraan bagi masyarakat, tentunya pemikiran ini sejalan dengan usaha yang selama ini telah kami lakukan.

Indikasi keberhasilannya bisa kita lihat dengan kecenderungan menurunnya tingkat kemiskinan setiap tahun dan indeks gini ratio yang semakin baik bahkan capaian indeks gini ratio Kabupaten Bengkalis pada tahun 2018 sebesar 0,263 terbaik dari capaian Provinsi Riau bahkan nasional masing-masing hanya 0,33 dan 0,389.

Kemudian pandangan umum dari Mus Mulyadi dari Fraksi Golongan Karya Bupati mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Fraksi Golkar terhadap KUPA yang telah disampaikan dengan fokus terhadap Belanja Pegawai khususnya gaji dan tambahan penghasilan pegawai, Dana Kelurahan, Dana Desa, pemenuhan terhadap kekurangan dana pilkades serta kekurangan dana ADD Tahun 2018, Alokasi P3ID, Alokasi terhadap beban kerja, alokasi P3K serta iuran daerah penghasil migas.

“Terkait pendapat H. Abi Bahrun dari Fraksi PKS Terkait dengan pelaksanaan pekerjaan APBD Murni 2019, Pemerintah Kabupaten Bengkalis berupaya semaksimal mungkin untuk menggesa prosesnya sehingga diharapkan pelaksanananya dapat selesai sesuai dengan batas waktu yang telah di tentukan dan manfaatnya segera dinikmati oleh masyarakat”.

Selanjutnya pandangan dari Fraksi PDI Perjuangan yang diwakilkan oleh Febriza Luwu terkait masukan dan catatannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah sangat sepakat bahwa perluasan akses Infrastruktur Daerah dan Infrastruktur Perkotaan baik Infrastruktur Jalan, Jembatan, Pendidikan dan Kesehatan menjadi prioritas.

 Ini sejalan dengan semangat dan keinginan kami untuk distribusi pembangunan yang merata seluruh Kecamatan dan Desa di Kabupaten Bengkalis. "Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah yang disampaikan oleh Fraksi Partai Demokrat oleh dr Morison Bationg Sihite, kami sependapat dan mendukung sekali terhadap saran yang telah disampaikan. Optimalisasi penerimaan PAD di berbagai sektor harus diupayakan sebesar mungkin, agar ketergantugan Kabupaten Bengkalis terhadap transfer dana pusat dapat ikurangi sehingga kemandirian daerah dapat ditingkatkan," jelasnya lagi.

Pemerintah Daerah mengupayakan adanya peningkatan pelayanan baik pajak maupun retribusi daerah maupun sumber pendapatan
lain-lain yang sah baik melalui penggalian objek-objek baru maupun intensifikasi terhadap objek-objek yang sudah dikelola selama ini. Pemerintah juga sependapat bahwa dalam merealisasikan anggaran haruslah mengedepankan efesiensi, akuntabilitas dan transparansi seperti yang disampaikan oleh Zamzami Harun mewakili Fraksi Partai Gerindra Garuda Yaksa.

Terakhir terkait pandangan umum dari Firman Fraksi Gabungan Negeri Junjungan, “kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Fraksi Gabungan Negeri Junjungan terhadap Kenaikan Pendapatan Daerah. Dengan memahami kondisi keuangan daerah saat ini, maka kami juga berupaya untuk menggunakan keuangan daerah semaksimal mungkin untuk tidak terjadinya tunda bayar disamping itu juga melakukan pendekatan kepada pemerintah pusat agar penyaluran dana bagi hasil sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya lagi.

Setelah mendengar jawaban Bupati terhadap pandangan umum fraksi yang di sampaikan dalam rapat Paripurna. DPRD kembali
mengejar pembahasan RKA R APBD Perubahan ditingkat Komisi pada hari ini sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan demi
terwujudnya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkalis. (sir/dprd)

Foto: Sekda Bengkalis H Bustami HY bersalaman dengan Ketua DPRD Bengkalis H Abdul Kadir usai mendengarkan tanggapan Bupati terhadap pandangan umum Fraksi atas Nota Keuangan, Kamis (22/8/2019).



×