Advertorial DPRD Bengkalis
Minggu, 27 Oktober 2019 - 22:41:07 WIB

Anggota DPRD Bengkalis Hadiri Tradisi Mandi Safar di Pantai Tanjung Lapin Rupat Utara

Editor: Administrator | Dibaca: 50
Anggota DPRD Bengkalis Hadiri Tradisi Mandi Safar di Pantai Tanjung Lapin Rupat Utara

PIRAMIDNEWS.COM - Ribuan warga meramaikan dan ikut memeriahkan tradisi Mandi Safar di Pantai Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Rabu (23/10/2019). Selain dihadiri oleh Gubernur Riau H Syamsuar, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, dan ketua TP PKK Kasmarni Amril, hadir pula anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Abi Bahrun dan Al Azmi, Sekretaris DPRD Radius Akima serta tamu undangan lainnya.

Sebelum mandi sebagai penolak bala dari sumur tua yang telah dimasukkan wafaqnya bersama-sama, warga terlebih dahulu menggelar doa dan tepuk tepung tawar yang terdiri dari beras kuning.

Setelah tepuk tepung tawar dilanjutkan dengan mandi wafaq oleh Gubri H Syamsuar, Bupati Amril Mukminin, Anggota DPRD Abi Bahrun, Al Azmi serta tamu undangan VVIP lainnya kepada 16 anak-anak dari berbagai desa di Rupat Utara.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dalam sambutannya mengatakan, "kegiatan mandi safar ini sudah menjadi agenda tahunan kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan harus kita lestarikan bersama-sama."

Lebih lanjut ia menjelaskan, Mandi Safar adalah suatu upaya spiritual ke arah pendekatan diri kepada Allah SWT yang dilakukan oleh sebagian masyarakat muslim di beberapa wilayah di nusantara, seperti di Pulau Rupat Utara Kabupaten Bengkalis ini.

Sementara itu, Gubri Syamsuar mengatakan, ekonomi Rupat Utara kreatif harus berkembang dan maju. Banyak industri ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan di Pulau Rupat. Contohnya madu kelulut yang sudah berkembang di Kabupaten Siak.

"Masyarakat di sini sudah punya usaha ekonomi kreatif seperti madu kelulut. Jadi tinggal pengembangan dan pemasarannya saja. Silahkan belajar dengan Kabupaten Siak untuk pemasarannya bagaimana," ujar Gubri.

Kemudian Tower PLN 20 kV di Pulau Rupat diresmikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar bersama dengan General Manajer PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri M Irwansyah Putra, dan juga Bupati Bengkalis Amril Mukminin serta Anggota DPRD kabupaten Bengkalis, Abi Bahrun dan Al Azmi bersamaan dengan pembukaan gelaran Festival Mandi Safar di Pantai Lapin Rupat Utara.

"Alhamdulillah saat ini Desa Hutan Samak dan Desa Titi Akar sudah terang. Adapun tower 20 kV ini akan mengalirkan listrik yang berasal dari Gardu Induk KID. Selain itu untuk daya PLN untuk Pulau Rupat surplus 3.4 MW. Diharapkan sektor industri dan pariwisata di Pulau Rupat dapat dioptimalkan," Tambah Gubri H Syamsuar. (sir/dprd)

Foto: Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Abi Bahrun dan Al Azmi serta Sekretaris DPRD Radius Akima ikut menghadiri acara  tradisi Mandi Safar di Pantai Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Rabu (23/10/2019).


×